Rumah Ambruk Diterjang Banjir

Rumah milik Aca ambruk setelah diterjang banjir

Rumah milik Aca ambruk setelah diterjang banjir

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Banjir melanda Kampung Cicau, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, kemarin. Akibatnya, ratusan rumah di dua RW 01 dan RW 03 terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


Namun dua rumah warga milik Aca dan Koko harus ambruk diterpa banjir. Firman salah seorang warga menuturkan, banjir terjadi pukul 16.30 saat hujan lebat, disinyalir kiriman dari Perumahan Jilen yang baru saja dibangun.

“Air datangnya dari atas Perumahan Jilen membuat jebol pondasi selokan,” kata Firman.

Jebolnya pondasi selokan tersebut air menjadi luber dan masuk ke rumah warga. Bahkan dua rumah harus ambruk yang lokasinya berdekatan dengan jebolnya pondasi selokan tersebut.

“Kami saat ini tengah membersihkan lumpur sisa banjir,” kata Firman.

Warga tengah membersihkan sisa lumpur akibat banjir yang menerjang Kampung Cicau, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, minggu (10/10/2016)

Warga tengah membersihkan sisa lumpur akibat banjir yang menerjang Kampung Cicau, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, minggu (10/10/2016)

Tokoh masyarakat setempat, Asep Ado meminta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat untuk mengkaji ulang izin Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan perumahan tersebut.

“Izinnya harus diperketat jangan seenaknya saja mengeluarkan izin,” tegasnya.

Seperti diketahui, sebelum melakukan kegiatan usaha, setiap industri wajib untuk mambuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup) atau UKL/UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan.

Izin Lingkungan diperoleh melalui tahapan kegiatan yang meliputi Penyusunan AMDAL dan UKL/UPL, Penilaian AMDAL dan pemeriksaan UKL/UPL, dan Permohonan dan penerbitan Izin Lingkungan.

“Oleh karena itu, dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, diatur bahwa setiap usaha dan/atau kegiatan yang tidak termasuk dalam kriteria wajib AMDAL wajib memiliki UKL dan UPL,” tandas Ado. (bwo/bas)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …