Kadishub Sebut Ujicoba Smart Card dengan Telkom Kurang Berhasil

peluncuran Bandung Smart Card

peluncuran Bandung Smart Card

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, ujicoba smart card dengan Telkom kurang berhasil.


“Masalah kelistrikan yang dalam pengoperasian sering membuat accu drop,” ujar Didi kepada wartawan, Selasa (11/10).

Namun, lanjut Didi, pihak Telkom sudah menemukan solusi perbaikannya. Tapi rencana hubungan bisnis terkendala harus melalui proses lelang.

“Karena sistem integrator smart card ini sangat tidak logis kontrak tahunan maka harus multiyear. Kan nggak bagus kalau tahun pertama operatornya A, tahun berikutnya ganti B,” papar Didi.

Didi meneruskan, untuk multiyear harus ada persetujuan dewan. Bicara jangka waktu kerja sama, Didi mengatakan, waktu kontrak diharapkan bisa 5-10 tahun, dan bisa diperluas.

“Harapan kita nantinya bisa untuk smart parking, smart retribution, smart payment, dan lain-lain. Agar operator tidak ganti-ganti dan tidak ada handicap tidak kompatibel akibat beda operator,” tegasnya.

Menurut Didi, draft surat permohonan persetujuan dewan dari walikota sudah dibuat, Diharapkan tahun depan bisa lelang integrator smart card.

“Karena harus ada pembahasan khusus antara walikota, sekda, dan pihak Dishub sebelum ditandatangani,” terangnya.‎

Sementara untuk penggunaan di armada Damri, karena tidak perlu lelang, sekarang sedang didorong untuk memulai lebih awal dalam penggunaan smart card.

“Progres pembicaraan dengan Damri relatif lancar dan sedang dibahas intensif. Mudah-mudahan bisa direalisasi akhir tahun ini,” paparnya.

Untuk penggunaan smart card di taxi sudah dua kali rapat bersama, responnya relatif lebih sulit dibanding dengan Damri.
‎Seperti di Ketahui smart card ini dilauncing pada Desember tahun lalu. Dengan semangat mengurangi transaksi tunai di Kota Bandung.
Awalnya smart card ini, juga dikonsep agar bisa digunakan di dunia pendidikan. Lalu merambah ke dunia transportasi, yaitu untuk membayar ongkos TMB. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …