Peparnas 2016 Diikuti 30 Provinsi

Penglepasan atlet Peparnas 2016. (bayu)

Penglepasan atlet Peparnas 2016. (bayu)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2016 Jawa Barat akan diikuti 30 provinsi. Ajang kompetisi bagi warga berkebutuhan khusus ini akan digelar pada 15-24 Oktober mendatang.


Gubernur Jabar yang juga Ketua Umum Panitia Besar Peparnas 2016 Ahmad Heryawan mengatakan, empat provinsi absen pada ajang ini. Dari 34 provinsi, dia memastikan 30 diantaranya akan mengikuti ajang tersebut.

Lebih lanjut Heryawan katakan, Peparnas ini harus menjadi ajang keserakahan bagi para atlet. Menurutnya, dalam konteks kompetisi ini, atlet jangan mau kalah oleh yang lain.

“Berbagi itu dalam konteks infaq sedekah, tapi tidak dalam konteks perolehan prestasi, perebutan medali,” kata Heryawan saat melepas atlet Peparnas Jabar, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (10/10/2016).

Dalam acara itu hadir juga Kapolda Jabar sekaligus Ketua Kontingen Peparnas Jabar Irjen. Bambang Waskito, Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Iwa Karniwa, serta pejabat lainnya. Menurutnya Heryawan, terdapat 599 medali emas yang diperebutkan, sehingga kalau bisa semua medali itu bisa direbut oleh atlet Peparnas Jabar.

“Urusan perebutan medali memang harus sedikit serakah. Tidak boleh bagi-bagi,” kelakarnya.

Dia menyebut, atlet PON dan Peparnas kontingen Jabar sudah mengerahkan tenaga maksimal untuk meraih prestasi tertinggi ini. “Itulah spirit yang ditunjukkan untuk merengkuh prestasi tertinggi,” katanya.

Pada ajang ini, kata dia, Jabar menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya setelah 1972 dan 1998. Dari empat belas kali perhelatan olahraga bagi para atlet dengan disabilitas ini, Jabar sudah empat kali menjadi kampiun yakni pada 1964 di Surakarta, 1969 Yogyakarta, 1998 di Bandung, dan 2004 di Palembang.

“Targetnya kita sandingkan juara umum PON dengan juara umum Peparnas. Lampaui keterbatasan, jadilah Jabar Kahiji,” tegasnya.

Sebagai tuan rumah, pihaknya akan melayani 30 provinsi kontingen dengan baik. Untuk melayani para atlet, pihaknya sudah menyiapkan 12 bis khusus difabel dilengkapi dengan hidrolik yang akan mengantarkan para atlet mulai dari tempat penginapan hingga ke lokasi pertandingan.

Para atlet akan bertanding di 13 venue yang tersebar di Kota Bandung. Menurutnya, pembukaan sudah pasti akan dihadiri Menko PMK Puan Maharani.

Ketua Kontingen Peparnas Jabar Irjen. Bambang Waskito mengatakan, pihaknya mengikutsertakan 350 orang yang terdiri dari 250 atlet, 50 pelatih dan 50 official. Mereka akan bertanding di 13 cabang olahraga diantaranya atletik, angkat berat, bola voli, judo, renang, panahan, tenis meja, tenis lapangan, bowling, dan sepakbola.

Sementara itu, disinggung mengenai pengerahan anggota Polri, pihaknya berharap penyelenggaraan Peparnas tidak akan seberat PON. “Sekarang tidak akan terlalu berat karena di Bandung saja. Pengamanan akan lebih efektif, supporter saya kira masyarakat lebih dewasa,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …