Gubernur Jabar Pastikan Jembatan Ambrol di Pangandaran Sudah Diatasi

Jembatan putus di Pangandaran, Jabar.

Jembatan putus di Pangandaran, Jabar.


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG
–Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan ambrolnya jembatan Putrapinggan di Pangandaran sudah diatasi oleh berbagai pihak. Bahkan, akses yang terputus akibat ambrolnya infrastruktur tersebut kini sudah bisa dilalui kembali meski belum maksimal.


Menurutnya, tim yang terdiri dari berbagai pihak ini sudah datang ke lokasi sejak Minggu (9/10) malam. Jembatan sementara (bailey) pun sudah terpasang untuk membuka kembali akses dari dan ke lokasi tersebut.

Jempatan ambrol di Pangandaran.

Jempatan ambrol di Pangandaran.

“Bailey dipasang dua arah. Tapi minimal satu arah dulu, gantian. Tapi kalau nanti pada saatnya juga dibangun bailey dua arah,” kata Heryawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (10/10/2016).

Dia menjelaskan, jembatan tersebut ambrol setelah dihantam banjir besar yang melanda kawasan tersebut. Terlebih, kiriman air banjir tersebut membawa puing-puing kayu, bambu, dan material lainnya yang terus menghantam jembatan tersebut.

“Pondasi sekuat apapun, ketika bandang, ya begini,” katanya. Disinggung penanganan ke depannya seperti apa, menurutnya pemerintah akan membangun jembatan baru sebagai pengganti jembatan lama.

“Dibangun lagi jembatannnya. Enggak mungkin diperbaiki, sudah melengkung. Berisiko, ya dibuang. Tapi saya belum melihat detailnya seperti apa,” bebernya.

Lebih lanjut Heryawan katakan, seluruh wilayah Jabar memasuki kondisi siaga sepanjang tahun ini. Hal ini mengingat cuaca 2016 ini yang terus diguyur hujan.

“Kita siaga terus sepanjang tahun.
Hari-hari 2016 ini hari hujan, dan tidak pernah berhenti hujan kan,” tuturnya.

Status siaga ini, tambah dia, akan terus diberlakukan hingga waktu yang tidak ditentukan. “Siaga ini sudah ada SK-nya, sudah ada penetapannya. Sampai…..agak panjang, karena suasananya ini,” pungkasnya.

Staf Data dan Informasi BMKG Bandung, Yuni Yulianti, mengatakan, seluruh wilayah di Jabar akan memasuki musim penghujan disertai angin kencang. Diprediksi, musim hujan ini akan mencapai puncaknya pada bulan depan.

“Jabar termasuk wilayah di-warning. Warning terhadap curah hujan yang tinggi dan potensi ada angin kecang,” kata dia saat dihubungi.

Dia menjelaskan, tingginya curah hujan ini dikarenakan tekanan udara rendah di Samuda Hindia serta adanya sirkulasi angin tertutup di sekitar Laut Jawa. “Kelembaban udara juga masih tinggi. Jadi hampir semua wilayah di Jabar akan terjadi peningkatan intensitas curah hujan sampai beberapa bulan ke depan,” bebernya.

Pada puncaknya, BMKG memprediksi curah hujan mencapai 200-400 mm per bulannya. Kondisi ini lebih terasa di wilayah selatan Jabar. Kondisi inipun mengakibatkan gelombang tinggi di pantai selatan Jabar seperti Pangandaran dan Palabuhan Ratu.

“Angin kencang dan gelombang tinggi harus diwaspadai, bisa mencapai lima meter. Nelayan diimbau waspada,” katanya.

Hal ini berbeda dengan di pantau utara karena gelombang dan anginnya relatif lebih kecil. “Utara relatif aman, 0,25-0,75 meter,” katanya.

Dia pun menyebut, curah hujan di kawasan Bandung Raya berkisar 41-60 mm. “Kemarin Bandung Utara 53,1 mm sehari, Bandung Selatan 60 mm, Bandung Timur 41 mm. Kalau normal 10 mm,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Harus Aktifkan Koperasi di Sumedang

 POJOKBANDUNG.com, KOTA – Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2021-2025 diharapkan mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi …

Belum Bisa Layani Semua Kecamatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran kota Cimahi mengaku masih kewalahan untuk dapat melayani …

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …