Atty Bilang Ulah Hilap

Walikota Cimahi non aktif Atty Suharti

Walikota Cimahi non aktif Atty Suharti

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Hadirnya Walikota Cimahi, Atty Suharti dalam sebuah acara pelantikan pengurus RT di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya datang dari Nurhasan warga Cipageran yang juga Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Cimahi.


Kepada Radar Bandung, Nurhasan mengaku, dirinya mendapat telepon dari Lurah Cipageran, Lilik Dwi Yulianto yang menyatakan keberatan dengan pernyataannya di Radar Bandung, jika Walikota yang juga bakal calon Walikota Cimahi melantik pengurus RT.

“Kepada saya di telepon, lurah tidak terima karena yang melantik bukan bu wali,” ujar Nurhasan melalui telepon kepada Radar Bandung, minggu (09/10/2016)

Walau begitu, kata Nurhasan, apapun bentuknya, yang dilakukan petahana tetap melanggar peraturan yang sudah ditetapkan KPU dan Panwaslu tentang aturan kampanye.

“Tetap salah diibaratkan menyelam sambil minum air,” katanya.
Versi yang disampaikan Lurah Cipageran, kata Nurhasan, ada pelantikan pengurus RT di Kelurahan Cipageran pukul 04.00. Namun saat Magrib, datang petahana yang juga Walikota Cimahi, Atty Suharti untuk istigosah sembari salat Magrib bersama.

“Tapi kata warga saya, tetap saja saat pulang Bu Wali bilang ulah hilap-ulah hilap,” sebut Nurhasan.

Lurah Cipageran, Lilik Dwi Yulianto hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi. Sebelumnya diberitakan, Nurhasan menyebutkan, Undang-undang Aparat Siplil Negara (ASN) sudah sangat jelas tentang netralitas PNS dalam Pilkada untuk tidak memihak kepada salah satu bakal calon.

”Ingat UU ASN tentang Netralitas PNS dalam Pilkada, sanksinya sangat jelas, bisa di pecat dan kejadian Pileg 2014 sudah makan korban bagi Lurah yang berpihak ke salah satu calon,” terangnya, minggu (09/10/2016)

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan para Lurah atau Camat di Cimahi agar tidak menggring masyarakatnya kepada salah satu bakal calon tertentu.

”Saya juga mengingatkan kepada PNS Kota Cimahi tanpa terkecuali para Lurah agar tidak menggunakan momen-momen tertentu untuk memfasilitasi kegiatan yang menguntungkan Petahana,” katanya.

Dia menyebut, di Kelurahan Cipageran ditemukan adanya gerakan kampanye. Dimana, ada prosesi Wali Kota langsung melantik Pengurus RT.

”Pada saat itu, Wali Kota Cimahi, Atty Suharti yang sedang menjabat Wali Kota Cimahi sempat-sempatnya melantik Pengurus RT 01,05,06,08 di RW08 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. Anehnya, pelantikan dilaksanakan pada malam hari selepas Isya di salah satu Masjid,” sebutnya.

Selaku anggota DPRD pihaknya sangat menyayangkan kejadian tersebut. Meski tidak ada aturan yang melarang hal itu, namun ini syarat dengan politik lantaran menjelang Pilkada.

”Masa tumben-tumben ada Wali Kota melantik RT, biasanya juga RT cukup dilantik oleh Kelurahan,” katanya.

Menanggapi hal itu, Asisten Pemerintahan Pemkot Cimahi Maria Fitriana menyebutkan, informasi yang disampikan kepada anggota DPRD tersebut tidak tepat, karena pada saat itu dirinya hadir di lokasi.

”Saat itu sedang ada kegiatan istigosah keliling, Ibu Wali datang ke lokasi usai magrib, lalu dilanjutkan dengan shalat Isya,” jelasnya. (bwo/bas)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …