Atasi Banjir Ridwan Kamil Buatkan Tol Air di 4 Titik

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Ridwan Kamil menyatakan, terkait masalah banjir tinggal kesadaran dari masyarakatnya saja.


“Beberapa sistem sudah berjalan, salah satunya tol air sudah dimulai. Sekarang walaupun kalau hujan, airnya akan naik, tapi akan cepat turun lagi,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (10/10).

Ridwan Kamil mengatakan, sekarang baru ada empat titik yang dibuatkan tol air, diantaranya, di Mandala, Pagarsih, dan Gedebage.

“Nantinya akan dibuat lebih banyak lagi, agar bisa mengatasi banjir lebih cepat,” paparnya.

Selain itu, nantinya akan ada software yang akan mengetahui titik banjir. Sehingga, bukan hanya Pemkot Bandung yang mengetahui di mana titik berpotensi banjir, tapi masyarakat juga akan tahu.

“Nantinya warga akan tahu di mana titik banjir cileuncang,” jelasnya.

Sementara, untuk jangka panjang, sudah akan dibuat danau di kawasan Gedebage, serta keberadaan pasukan gorong-gorong.

“Berarti sekarang, tinggal kebiasaan masyarakat saja yang harus diubah, agar tidak membuang sampah ke sungai,” tegasnya.

Sementara, menurut Kepala Seksi Pemeliharaan Sungai Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung Denny Saputra,‎ hujan deras melanda Kota Bandung sehari penuh pada Minggu kemarin (9/10/2016) namun hanya menimbulkan banjir cileuncang di lima titik.

“Sungai yang meluap hanya Sungai Citepus di Jalan Pagarsih , sedangkan di lima titik lainnya hanya banjir cileuncang bukan banjir disebabkan sungai meluap,” ujar Denny.‎

Denny mengatakan, banjir cileuncang terjadi di Pagarsih, Leuwipanjang, Citarip Kopo. Cikadut dan Gedebage.

“Banjir di lima titik hanya melintas saja sekitar 10 ment, jika banjir kelamaan, maka pasukan katak on call siaga 24 jam,” tambah Denny.

Denny mengatakan, jika ada sungai meluap dan menyebabkan banjir, pasukan katak segera datang ke lokasi cukup menelpon ke 081220728787 .
Menurut Denny curah hujan akhir-akhir ini cukup tinggi tidak menutup kemungkinan banjir terjadi setiap saat makanya pasukan katak siaga 24 jam. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mendapat suntikan vaksin Covid-19 untuk tahap kedua. Vaksinasi dilakukan di halaman Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, …

Wow! Kemendikbud Beri Bocoran Soal AN?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan contoh soal Asesmen Nasional (AN) akan dilaksanakan pada September 2021. Adapun, penilaian AN itu …

Dukung UMKM, Integrasikan Layanan Iklan Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel bersama Gojek terus memperkuat komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan …