XL Future Leaders 3 Luncurkan Aplikasi Aristotell

POJOKBANDUNG.com, JOGJAKARTA–PT XL Axiata, Tbk (XL) melalui salah satu kegiatan Corporate Social Resposibility (CSR) XL Future Leaders Batch 3 Yogyakarta bekerjasama dengan museum Benteng Vredeburg, Universitas Gadjah Mada, dan komunitas Night at the Museum meluncurkan sebuah aplikasi augmented reality dan games interaktif “Aristotell“ (Augmented Reality for History Telling di Benteng Vredeburg, Yogyakarta (6/10). Aplikasi ini menggabungkan teknologi, pendidikan, dan nilai sejarah di dalamnya, memadukan dunia nyata dengan dunia virtual.


Manager Management Service XL Central Region Indra Ardiyanto mengatakan “ Aristotell merupakan inovasi para peserta XL Future Leaders Batch 3 Yogyakarta dalam menjawab tantangan Social Innovation Program (SIP). Proyek yang dirancang harus merupakan solusi atas persoalan masyarakat di sekitarnya . Dalam proyek ini, Ilmu dan keahlian yang sudah mereka dapatkan di program XL Future Leaders harus bisa diterapkan secara nyata untuk mengabdi pada masyarakat”.

Sementara itu, Faisal Sya’bani, salah satu peserta XL Future Leaders Batch 3 Yogyakarta mengungkapkan “Tujuan utama proyek ini adalah membuat belajar sejarah di museum menjadi menyenangkan. Museum kami jadikan playground untuk belajar sejarah. Kami membuat pemain itu serasa wartawan yang sedang menguak misteri di masa lalu (sejarah). Diharapkan dengan aplikasi ini para anak muda tidak hanya belajar sejarah melalui buku –buku,, tetapi juga ditantang untuk berpikir dan terlibat dalam peristiwa sejarah tersebut.”

Berbagai proyek sosial dengan memanfaatkan teknologi digital diusung oleh para mahasiswa XL Future Leaders melalui ajang XL Social Innovation Project 2016 yang telah diluncurkan pada Mei 2016 lalu, saat ini sebagian proyek usulan mereka telah mulai dikerjakan dan bahkan sudah ada yang selesai hingga tahap prototype. Proyek mereka sangat beragam dan menyasar berbagai sektor, mulai aplikasi untuk membantu memahami motif batik serta filosofi di balik motif tersebut termasuk membantu pemasaran Batik di Yogya, solusi digital untuk pengaturan peminjaman buku perpustakaan, edukasi pencegahan pelecehan seksual pada anak, hingga penciptaan Gear Virtual & Augmented Reality untuk belajar sejarah di museum.

Tentang Social Innovation Project

Berbagai proyek sosial dengan memanfaatkan teknologi digital diusung oleh para mahasiswa XL Future Leaders (XLFL). Melalui ajang XL Social Innovation Project 2016 yang telah diluncurkan pada Mei 2016 lalu, saat ini sebagian proyek usulan mereka telah mulai dikerjakan dan bahkan sudah ada yang selesai hingga tahap prototype.

Ragam proyek mereka sangat beragam menyasar berbagai sektor, mulai aplikasi untuk membantu memahami motif batik serta filosofi di balik motif tersebut termasuk membantu pemasaran Batik di Yogya, solusi digital untuk pengaturan peminjaman buku perpustakaan, edukasi pencegahan pelecehan seksual pada anak, hingga penciptaan Gear Virtual & Augmented Reality untuk belajar sejarah di museum. Proyek yang diusung harus merupakan solusi atas persoalan masyarakat di sekitarnya. Ajang ini memang untuk mengasah kepekaan para peserta XL Future Leaders atas problema yang ada dan sekaligus mencari jalan keluarnya.

Loading...

loading...

Feeds