PU Angkat Tangan dalam Mengatasi Banjir di Cimahi

Banjir yang merendam kawasan Jalan Amir Machmud Kota Cimahi. (ilustrasi)

Banjir yang merendam kawasan Jalan Amir Machmud Kota Cimahi. (ilustrasi)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi angkat tangan atasi banjir di Jalan Amir Machmud Kota Cimahi.
Kepala Dinas PU Kota Cimahi Ahmad Nuryana mengatakan, persoalan banjir di Jalan Amir Machmud yang merupakan jalan nasional kewenangan dari pemerintah pusat. Sehingga tidak bisa hanya diatasi oleh pemerintah Kota Cimahi saja.


”Karena kewenangannya ada di pemerintah pusat,” ungkap Ahmad kepada wartawan.

Namun untuk mengantisipasinya, pihaknya masih tetap melakukan usaha mengurangi banjir atau genangan saat musim hujan.

”Kami harus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, yang kami lakukan hanya kegiatan-kegiatan ringan seperti pengerukan dranaise,” katanya.

Sedangkan untuk mengalokasikan anggaran, harus ada persetujuan dari pemerintah pusat. Terkait kewenangan, lanjut dia, berada di Kementrian Pekerjaan Umum. Walaupun begitu, pihaknya akan tetap melakukan pencegahan.

Saat ini, kata dia, perosalan banjr di Kota Cimahi tinggal beberapa titik. Karena PU sudah melakukan pengerukan dan pelebaran sejumlah dranaise yang ada di Kota Cimahi.

”Beberapa ruas jalan di Cimahi sekarang sedang dilakukan pelebaran dan perbaikan agar bisa menampung air hujan, supaya tidak menyebabkan banjir di jalan raya,” jelasnya.

Persoalan banjir di beberapa titik yang ada, saat ini juga diakibatkan mulai menyempitnya saluran pembuangan air. Ditambah dengan kondisi pertambahan bangunan disekitar saluran air. Seperti di Jalan Kecamatan Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara.

”Di sekitar Jati, masih saja terjadi genangan kalau hujan turun, ini disebabkan karena menyempitnya saluran pembuangan yang ada,” katanya.

Di tempat yang berbeda, hal itu dibenarkan salah satu warga Jalan Kecamatan Rika. Menurut dia, setiap kali hujan turun, di depan rumahnya sering terjadi genangan air. Di mana volume air tidak bisa tertampung seluran.

”Buntutnya, air melimpah di jalan raya, meskipun hujannya tak terlalu deras,” ujarnya. (bwo)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …