CDC Telkom Bandung Salurkan Rp 1,269 Miliar Permodalan UMKM

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Community Development Center (CDC) Telkom Wilayah Telekomunikasi (Witel) Bandung menyalurkan Rp 1,269 miliar pinjaman modal usaha kepada 42 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra binaan Telkom melalui program kemitraan. Hingga saat ini CDC Witel Bandung sudah memiliki sekitar 1.200 mitra binaan, dengan outstanding pinjaman sebesar Rp 28,5 miliar.


Demikian diungkapkan Deputi General Manager (GM) Witel Bandung Wahyudin di kantornya, Jln. Lembong, Bandung, Rabu (5/10/2016). Penyaluran pinjaman dana bergulir tersebut sudah dilakukan di Kantor Witel Bandung pada 1 Oktober.

“Penyalurannya per triwulan. Setiap triwulannya CDC Telkom Witel Bandung menyalurkan dana bergulir program kemitraan sebesar Rp 1,2 miliar-Rp 3 miliar untuk 44-60 UMKM,” katanya.

Menurut dia, nilai pinjaman yang digulirkan setiap triwulannya fluktuatif. Untuk tahun ini, sampai dengan akhir triwulan III sudah disalurkan sekitar Rp 5 miliar. Diantara mereka ada UMKM baru dan ada juga mitra binaan yang melakukan top up.

Ia mengatakan, rentang pinjaman yang diakses pelaku UMKM mitra Telkom bervariasi, mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 100 juta. Namun, umumnya mereka mengakses pinjaman sebesar Rp 30 juta-Rp 50 juta.

“Mereka bergerak di semua bidang. Ada yang perdagangan, pertanian, peternakan, dll. Collecting rationya sekitar 85%,” ujar Wahyudin.

Selain mendapatkan pinjaman modal, menurut dia, mitra binaan Telkom juga mendapatkan pelatihan, fasilitas pameran, juga suport sistem teknologi informasi, seperti blog, dll. Pemberian support sistem teknologi tersebut, dikatakan Wahyudin, dimaksudkan untuk mendorong UMKM merambah wirausaha digital.

“Mereka digiring agar bisa bertransaksi secara online. Targetnya, mitra binaan bisa bersinergi dengan Telkom. Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi juga bisa membantu pelaku usaha untuk mendongkrak pemasaran, hingga ke pasar global,” katanya.

Total, pada triwulan III tersebut CDC Telkom Regional III Jabar menyalurkan pinjaman dana bergulir sebesar Rp 10,505 miliar. Dari jumlah tersebut Witel Cirebon menyalurkan sebesar Rp. 1,825 miliar untuk 35 mitra binaan (MB), Witel Tasikmalaya Rp. 735 juta bagi 18 MB, Witel Karawang Rp. 1,234 miliar bagi 38 MB, Kandatel Subang Rp. 565 juta bagi 16 MB, Witel Sukabumi Rp. 670 juta bagi 35 MB dan Kandatel Cianjur Rp. 1,855 miliar bagi 61 MB.

“Kandatel Garut telah terlebih dahulu menggelontorkan dana terbesar untuk Triwulan III/ 2016 sebesar Rp. 2,35 miliar bagi 64 MB,” tuturnya.

Seperti diketahui, program kemitraan menjadi salah satu program “wajib” bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Melalui program tersebut, UMKM bisa mengakses pinjaman modal dengan bunga 6% per tahun. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …