GMBI: Rp 8,2 M Dana Venue PON Diduga Dikorupsi

Para pembicara Diskusi tentang dugaan korupsi dana PON 2016.

Para pembicara Diskusi tentang dugaan korupsi dana PON 2016.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Satu persatu dugaan korupsi pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 mulai mengemuka. Temuan Central Budjet Analisi (CBA) sampai saat ini menemukan dugaan korupsi anggaran PON sebesar Rp 8,2 miliar. Dugaan korupsi miliaran rupiah itu terdapat di sejumlah pembangunan venue PON di sejumlah lokasi, diantaranya GOR ITB Jatinangor.


“Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sudah menyatakan anggaran PON siap dipertanggungjawabkan. Artinya, bola sekarang sudah ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK harus membuka praktik dugaan korupsi ini, karena kami banyak menemukan penyimpangan keuangan negara,” ujar Direktur CBA Ucok Sky Khadafi didampingi Ketua Umum LSM GMBI M Fauzan Rachman, Direktur Infrastruktur Watch Syamsul Bahri Siregar dan Direktur Institute Publik Indonesia (IPI) Karyono Wibowo dalam diskusi bertema “Korupsi Anggaran PON XIX” di Bandung, Selasa (4/10).

Ucek mengatakan, temuan dugaan korupsi tersebut bisa dilihat dari potensi kerugian negara. Penawaran atau pemenang lelang ini diambil dari penawaran yang lebih tinggi, padahal persyaratan banyak kekurangan teknis pelelangan.

“Ini mengindikasikan ada persekongkolan. Korupsi bermula dari kesalahan administrasi. Dari teknik pelelangan banyak perusahaan yang tidak lengkap. Karena itu, KPK tidak perlu lagi melakukan pengawasan tapi pemanggilan. Pertama yang harus dipanggil adalah Menteri Olahraga, selanjutnya Gubernur Jabar sebagai panitia dan penanggungjawab anggaran, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar. Kami siap membantu KPK dengan memberikan data yang kami miliki,” tegas Ucok.

Ia menambahkan, dalam dokumen lelang ditemukan banyak terjadi malpraktik persekongkolan administrasi. “Administrasi sangat diragukan, misalnya pembangunan tribun timur polo air di Kabupaten Bandung,” ungakp Ucok.
Ucok mengaku, temuan tersebut belum dilaporkan ke KPK karena masih menunggu data-data temuan lainnya. “Kami masih proses penghitungan dan pemantauan faktaa lain. Jadi temuan bisa saja bertambah, karena tidak mungkin anggaran PON sebesar Rp 2,3 triliun yang dikorupsi hanya Rp 8,2 miliar,” tandasnya.

Hal senada dilontarkan Ketua Umum LSM GMBI, M Fauzan Rachman. Fauzan mendukung langkah CBA mendesak KPK dalam membongkar dugaan korupsi PON.

“Kami sendiri sudah mengingatkan DPRD Jabar agar melakukan audit dan mengawasi penggunaan anggaran PON pada Juni lalu. KPK jangan tebang pilih, karena ini uang rakyat Jabar dan Indonesia. KPK harus mengungkap praktik korupsi ini, jangan sampai terulang kasus korupsi di Riau,” kata Fauzan.

Ia juga menyayangkan sampai saat ini masih adanya venue PON yang belum tuntas, padahal pelaksanaan PON sudah selesai. “Bayangkan kontingen dari provinsi tidak bisa memakai venue untuk latihan, tapi hanya diperuntukkan bagi atlet Jabar. Di Stadion Bandung Lautan Api (BLA) seharusnya ada tribun, tapi ternyata tidak ada. Presiden akhirnya duduk di bawah. Begitu pula dengan venue kuda yang seharusnya panjang lintasan 1200 meter, tapi ternyata hanya 1000 meter lebih.

Tak heran bila Fauzan menilai pelaksanaan PON Jabar adalah terburuk. Tak heran, kata dia, sejumlah KONI dari provinsi lain melayangkan protes ke KONI Pusat. (man/mun)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …