Peduli Bencana di Jabar, Rombongan DPD RI Tinjau Lokasi dan Salurkan Bantuan

Rombongan DPD RI  yang dipimpin GKR Hemas meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Garut, Jumat (23/9).

Rombongan DPD RI yang dipimpin GKR Hemas meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Garut, Jumat (23/9).

POJOKBANDUNG.com, GARUT–Bencana banjir bandang dan longsor telah memporakporandakan sejumlah wilayah di Kabupaten Garut dan Sumedang, Selasa (20/9) malam. Hingga Jumat (23/9) kemarin, tercatat jumlah korban akibat banjir bandang yang melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Garut sebanyak 27 orang tewas dan 22 orang masih dalam pencarian. Sementara, tiga korban lainnya yang masih satu keluarga tewas dalam peristiwa longsor dan banjir yang melanda Sumedang Selatan.


Selain menimbulkan korban jiwa, petaka banjir dan longsor yang terjadi pada Selasa (20/9) malam itu, telah menghancurkan sejumlah bangunan gedung, kantor, jembatan dan fasilitas umum lainnya serta rumah-rumah warga.

Bencana banjir bandang dan longsor di kedua wilayah Jabar itu, menuai perhatian dan keprihatinan berbagai kalangan. Termasuk segenap anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan terhadap korban bencana, rombongan DPD RI melakukan peninjauan langsung ke lokasi yang terkena bencana di Kabupaten Garut dan Sumedang, sekaligus menyerahkan sejumlah dana bantuan.

ayi

Rombongan DPD RI saat meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Garut, Jumat (23/9).

“Dana yang disumbangkan bersumber dari dana yang terkumpul dari anggota DPD secara perorangan, dana yang terkumpul mencapai Rp 217,7 juta ditambah Rp 100 juta dari dana task forsk,” ujar Anggota DPD RI asal Jawa Barat, Ir H Ayi Hambali kepada Radar Bandung, seusai mengunjungi lokasi bencana di Kabupaten Garut, Jumat (23/9).

Menurut Ayi Hambali dana task forsk ini merupakan dana yang diambil dari tabungan para anggota DPD yang berjumlah 87 orang setiap bulannya. “Hasil tabungan tersebut digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk menyumbang korban bencana di Kabupaten Garut dan Sumedang,” jelas Ayi Hambali selaku koordinator pengumpulan dana.

Ayi menjelaskan, sumbangan dana Rp 211,7 juta dibagikan kepada para korban yang meninggal sebanyak 27 orang, masing-masing Rp 5 juta. “Sedangkan yang Rp 100 juta disumbangkan dalam bentuk barang antara lain, beras, mie instan, sabun cuci, sabun mandi dan kebutuhan pokok lain yang sekiranya dibutuhkan warga yang terdampak bencana,” jelas Ayi.

 Anggota DPD asal Jabar Ir H Ayi Hambali (berpeci) serta Ketua rombongan DPD RI GKR Hemas dan anggota DPD lainnya, saat meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Garut, Jumat (23/9).

Anggota DPD asal Jabar Ir H Ayi Hambali (berpeci) serta Ketua rombongan DPD RI GKR Hemas dan anggota DPD lainnya, saat meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Garut, Jumat (23/9).

Kunjungan rombongan DPD ke lokasi bencana di Jabar itu, dipimpin oleh GKR Hemas disertai sejumlah anggota DPD lainnya, antara lain, Ahmad Nawardi (Jatim), I Kadek Arimbawa (Bali), Siska Marleni (Sumsel), Yacob Eshau Komigi (Papua Barat) serta empat anggota DPD dari Jabar.

“Selaku koordinator pengumpulan dana, saya merasa sangat bersyukur, karena hanya dalam waktu kurang dari 24 jam terkumpul dana cukup besar, dana tersebut disalurkan kepada korban bencana di Garut dan Sumedang,” tutur Ayi Hambali. (nto)

Loading...

loading...

Feeds