Giliran Cikajang Garut Terendam Banjir

Bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat

Bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat

POJOKBANDUNG.com, GARUT–Belum usai dengan bencana banjir bandang yang terjadi Selasa (20/9) malam, bagian Garut kembali diterpa musibah lain. Kali ini, Desa Mekarjaya dan Girijaya, Kecamatan Cikajang yang terendam banjir,


Pada Jumat (23/9), sekitar pukul 14.00 WIB hujan mengguyur kota Garut. Namun, curah hujan yang paling tinggi terjadi di daerah Cikajang. Hal itu mengakibatkan meluapnya air sungai Cibarengkok ke pemukiman warga.

Tercatat, 99 rumah di Mekarjaya tepatnya di RW 3, RW 4, RW 5, RW 6, RW 7 Desa Mekarjaya. Selain itu, 19 rumah di Girijaya terendam air. Dua-duanya terendam dengan ketinggian 1,5 meter.

Kasi Kesiapsiagaan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan hujan turun di kecamatan Cikajang sejak pukul 12.00 WIB.

“Ada sekitar 104 kepala keluarga yang terkena dampak banjir. Warga pun diungsikan ke sejumlah tempat yang lebih aman,” ucapnya.

Bajir di wilayah tersebut bukan yang pertama terjadi. Bahkan, wilayah itu bisa dikatankan daerah langganan banjir jika masuk musim penghujan.

Banjir yang terjadi di Cikajang tersebut berpengaruh pada aktivitas pencarian korban banjir bandang yang dilakukan oleh tim SAR gabungan di wilayah perkotaan Garut.

“Proses evakuasi harus dihentikan karena di Cikajang merupakan hulu Sungai Cimanuk. Kami khawatir terjadi banjir susulan,” katanya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds