KONI Harus Evaluasi Wasit, PB PON Janjikan Perbaikan

Menpora Imam Nahrawi dikerubuti awak media di Trans Studio Mall, Bandung, Jumat (23/9). (bayu)

Menpora Imam Nahrawi dikerubuti awak media di Trans Studio Mall, Bandung, Jumat (23/9). (bayu)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Banyaknya keluhan terhadap kinerja wasit dalam pertandingan sejumlah cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 harus menjadi perhatian serius bagi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta KONI melakukan evaluasi secara menyeluruh dan lebih berperan aktif menyelesaikan setiap masalah yang ada.

Sebab, kualitas wasit dalam PON ini menjadi tanggung jawab KONI. Penunjukan wasit diusulkan oleh pengurus pusat (PP) setiap cabang olahraga di bawah koordinasi KONI. “KONI tempat berkumpulnya PB. Maka saya minta KONI harus berperan aktif mengkoordinasi, mengkomunikasikan lebih intensif lagi. Jangan boleh lagi lempar handuk,” kata Imam usai memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan PON 2016, di Trans Hotel, Kota Bandung, Jumat (23/9/2016).

Imam menjelaskan, berdasarkan laporan yang dia terima, semua masalah terutama menyangkut kinerja wasit ditujukan kepada Panitia Besar (PB) PON XIX/2016. Seharusnya, KONI ikut bertanggungjawab atas kondisi yang ada.

“Padahal ada fungsi, tugas dan peran masing-masing (PP cabor). Di sini letak strategis KONI (terkait wasit) yang harus diperankan,” ujarnya.

Imam melanjutkan, jika di lapangan memang terjadi kecurangan, harus ada sanski tegas yang diberikan. Pihaknya berjanji akan terus memantau dan mengevaluasi setiap masalah yang terjadi selama penyelenggaraan PON XIX/2016 Jabar ini.

“Ada keluhan wasit siapa yang merekrut. Maka di situ harus dilihat kualifikasinya dan harus diberikan sanksi tegas kepada siapapun yang melanggar,” ucapnya.

Namun, Imam menilai, sejauh ini pelaksanaan PON XIX/2016 berjalan cukup baik. Beragam masalah yang terjadi selama pelaksanaan menjadi dinamika khas dan masih dalam batas kewajaran.

“Tapi yang jadi masalah krusial saat ini terkait koordinasi satu sama lain. Saya kira kalau semua bertanggung jawab akan tugas masing-masing, tidak akan terjadi seperti ini,” kata dia.

Imam pun memberi nilai 7 untuk pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar ini. “Dari 1-10 saya beri nilai 7 sampai hari ini. Masih ada besok sampai selesai. Saya akanj terus memantau. Jangan alergi Menpora akan terus memantau,” ujarnya.

Ketua Umum PB PON XIX/2016 Ahmad Heryawan menjanjikan perbaikan pada sisa pelaksanaan PON 2016. Salah satunya dengan menggelar pertemuan rutin antara kontingen dengan KONI dan PB PON.

“Setiap pagi ada pertemuan cdm (chief de mission),” katanya. Heryawan pun menyebut, pihaknya sudah berupaya menjalankan tugas dengan baik mulai dari menyiapkan venue, anggaran, hingga urusan lain berkaitan dengan pelaksanaan PON XIX.

“Kami sudah sekuat tenaga memfasilitasi. Khusus penyelenggaraan ada riak-riak kecil, semuanya sudah bisa terlesesaikan,” katanya.

Dia menyontohkan, keributan yang terjadi di arena wushu telah diselesaikan dalam cdm. “Diputuskan wushu juara bersama,” katanya.

Pihaknya berharap, penyelenggaraan PON 2016 ini dapat berjalan lancar hingga akhir. Wakil Ketua Umum KONI Soewarno menjelaskan, penunjukan wasit yang memimpin setiap pertandingan PON diajukan oleh masing-masing cabang olahraga.

Setiap wasit harus memiliki standar dan kualifikasi tertentu untuk dapat memimpin pertandingan. “Kalau kurang (wasit) akan minta tolomg wasit internasional. Kami minta wasit Malaysia, Australia,” ujarnya.

Dia meminta semua pihak untuk lebih memahami setiap aturan yang ada untuk ditaati dan ditegakan dengan baik. “Agar nanti aturan main jadi rujukan sebagai aturan terakhir,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …