Sembilan Pengda Pordasi Protes Wildcard Tuan Rumah Jabar

Ketua Pordasi DKI Jakarta Alex Asmasoebrata (dua dari kanan) protes wildcard tuan rumah di nomor kuda pacu. 9asep rahmat)

Ketua Pordasi DKI Jakarta Alex Asmasoebrata (dua dari kanan) protes wildcard tuan rumah di nomor kuda pacu. 9asep rahmat)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dari 12 Pengurus daerah (Pengda) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), sembilan diantaranya menolak 2 kuda pacu bertiket Wildcard (tiket final) yang dikeluarkan PB PON XIX untuk Jawa Barat sebagai tuan rumah. Pasalnya, hal tersebut secara tidak langsung mencederai sportifitas dan fairplay nilai-nilai olahraga.


Ke sembilan Pengda Pordasi tersebut adalah Jawa Timur, Riau, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sumatra Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, dan DKI Jakarta. Sedangkan Jawa Tengah, Jawa Barat dan DI Yogyakarta tetap menerima kebijakan PB PON XIX.

Ketua Umum Pordasi DKI Jakarta, Alex Asmasoebrata menjelaskan, pada saat sosialisasi Technical Hand Book (THB) pertengahan Juni 2016 pihaknya sempat menyampaikan bahwa wild card sangat mencederai sportifitas. Karena Jabar sebagai tuan rumah meloloskan 2 ekor kuda untuk 5 nomor pacuan.

“Masa tiba-tiba masuk final itu tidak ada dalam cerita pertandingan nasional maupun internasional, kalupun ada Wildcard berlaku bagi tuan rumah saat pra kualifikasi kemudian mengikuti tahap selanjutnya,” ucapnya saat konferensi pers di salah satu hotel di Kota Bandung, Senin (19/9).

Alex menegaskan, protes tersebut dilayangkan pada aturan yang tertuang dalam THB Cabang olahraga berkuda pacuan khusus sistem pertandingan angka 8 huruf a yang berbunyi, tuan rumah mendapat dua wildcard yang artinya menempatkan 10 ekor kuda di final tanpa melalui babak penyisihan.

“Kami minta PB PON XIX/ 2016 dan Pihak Panpel cabor berkuda / pacuan membatalkan wildcard sekarang juga,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh, Kepala bidang Legalitas dan Advokasi Kontingen Provinsi Riau, Meidisone Dahlan. Menurut dia, bila wildcard tetap dipatuhi sebagai kebijakan PB PON dirinya akan terus mengupayakan segala cara untuk menyelamatkan pertandingan yang sportif, jujur dan tidak memilih siapa tuan rumah dan siapa yang menjadi tamu.

“Tidak bisa begitu saja masuk final, kami datang ke sini tidak main-main menjunjung sportifitas. Kami tidak mau menginjak untuk kemenangan,” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan Tim advokasi DKI Jakarta, Tubagus Deni Sunardi menegaskan, sebenarnya protes untuk wild card sudah dilayangkan enam bulan yang lalu kepada PP Pordasi dan KONI Pusat. Namun, hingga hari ini tidak ada respon dan jawaban mengenai protes tersebut.

“Saya tidak mengatakan Jabar curang tapi ini bukti nyata, fasilitas wildcard itu tidak ada di cabor manapun tapi kalau porses pra-PON silahkan sah-sah saja sebagai tuan rumah. Tapi mereka sudah lolos pra PON sekarang ingin masuk final,” paparnya.

Tubagus menjelaskan, penolakan wildcard sebelumnya sempat dibahas pada 21 Juni 2016 saat sosialisasi THB dan beragam penolakan terus dilayangkan. Kendati demikian, Panpel pacuan kuda tetap memasukan wildcard dengan alasan THB sudah ditandatangani oleh ketua PB PON, bahkan PP Pordasi menyarankan agar semua Pengprov Pordasi menerima kebijakan tersebut sebagai bentuk rasa penghargaan dan toleransi bagi Jabar karena telah memperjuangkan Canor pacuan kuda masuk di PON XIX/ 2016.

“Langkah hukum akan kami tempuh, bila dalam satu atau dua hari masih tidak digubris kami siap bertanggung jawabkan dengan berbagai data,” tandasnya.(arh)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …