Harga Terjangkau, Nyaman untuk Keluarga


TEST DRIVE: Calya melaju tanpa hambatan.

TEST DRIVE: Calya melaju tanpa hambatan.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat Indonesia, Toyota Astra Motor hadirkan “Calya”.
Kendaraan roda empat yang handal, mewah, namun sangat terjangkau ini, ternyata adalah mobil terlaris pada ajang pameran GIIAS 2016, dengan angka penjualan 2.225 unit pada ajang pameran otomotif terbesar di lingkungan ASEAN ini.


“Sesuai tema peluncurannya, sebagai Wonderful Surprise, hingga akhir Agustus 2016 secara nasional penjualan Calya telah mencapai 17.300 unit.
Konsep kehadiran Calya tidak terlepas dari hasil survey untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan kendaraan roda empat dengan harga terjangkau namun lengkap dengan fitur-fitur canggih dan memenuhi hasrat emosional keluarga Indonesia,” jelas Area General Manager TAM Diki Zulkarnaen kepada awak media yang juga menjajal kehandalan mobil idaman keluarga ini di salah satu Cafe Jalan Cimanuk Bandung, kemarin (8/9).

Untuk menjajal kehandalan Calya dengan segala kelengkapam fiturnya, para awak media yang dibagi dalam enam grup langsung menuju Garut lewat Tol Cileunyi. Tim 5 dengan ketua dari Radar Bandung bersama Tribun Jabar, Radar Bogor, dan Radar Tasik langsung melesat saat keluar dari Tol Pasteur. “Segala kemampuan mobil ini harus kita jajal kang,” ujar Solihin kepada Adhi Radar Bogor seraya mengatakan kesiapannya untuk ikut menguji kemampuan mobil Calya.

Calya pun melaju dengan gesit, bahkan tampak pada spidometer kecepatan sudah mencapai 125 km. Mobil yang dikendarai ini sangat efisien waktu, karena keluar sampai keluar dari Tol Cileunyi tidak lebih dari 25 menit. Itu dengan kondisi jalan tidak macet, dan etape pertama terlalui dengan mulus.

Begitupun saat mulai memasuki daerah perbukitan yang penuh tanjakan, para penumpang sangat menikmati setiap medan yang dilalui, karena mesin mobil ini getarannya halus, sehingga lebih mendukung tingkat kenyamanan yang lebih baik.

Tidak mengherankan, secara Nasional pada bulan Agustus lalu berdasar data TAM Calya, mobil ini sudah membukukan penjualan kurang lebih 17.300 unit.

Tentang Calya.

Sesuai arti kata “Calya” yang dalam bahasa Sanksekerta berarti “Sempurna” Hadirnya kendaraan new entry MPV ini diproyeksikan akan semakin memperluas ceruk pasar otomotif secara nasional. Apalagi dengan local content sekitar 90%, kontribusi Calya terhadap penggunaan komponen lokal yang akan cukup besar.

Terunggul di Kelasnya.

Meskipun masuk dalam kelompok mobil kategori LCGC, Calya yang berada di segmen entry MPV ini dirancang menggunakan engine terbaru Toyota group, dengan sandi 3NR berkapasitas 1.200 cc menggunakan teknologi dual VVTi. Dengan teknologi terbaru ini, engine 3NR tidak hanya menjanjikan power yang maksimal, tapi juga sekaligus irit. Engine ini menempatkan teknologi mesin Toyota Calya tidak kalah dengan mobil kelas di atasnya seperti Avanza dan Innova. “Sejalan dengan semangat Beyond Engine, untuk memberikan tingkat kepuasan lebih, setiap line up Toyota akan menggunakan engine dengan teknologi terbaru yaitu dual VVTi,” kata Area General Manager TAM Diki Zulkarnaen.

Engine 3NR yang diusung Calya didukung dengan transmisi 5 speed untuk tipe manual (M/T) dan 4 speed untuk tipe automatic (A/T) dan penggunaan steering tipe rack and pinion serta power steering yang menggunakan teknologi electric power steering (EPS), sangat mendukung power mobil ini.

Perbandingan gear ratio yang optimal dan ditunjang kinerja mesin yang mencapai output maksimal 88 ps pada putaran mesin (rpm) 6.000 serta torsi maksimal 11 kgm pada putaran mesin 4.200 rpm, kelincahan yang diberikan Toyota Calya juga sangat menjanjikan. Mesin baru ini juga mempunyai getaran yang lebih halus sehingga lebih mendukung tingkat kenyamanan yang lebih baik.

Dilatarbelakangi keberhasilan Toyota mengembangkan mobil MPV selama ini, karakteristik Toyota Calya dikembangkan dalam konsep DNA yang sama MPV lainnya yaitu selalu menempatkan optimalitas fungsi sebagai kendaraan multiguna, dengan menyesuaikan fitur keselamatan dan kenyamanan sesuai dengan perkembangan kebutuhan pelanggan.

Meskipun kehadirannya tidak terlepas dari keberhasilan Toyota dalam di pasar LCGC melalui Agya, Toyota Calya sejak awal dikembangkan sebagai mobil MPV. Boleh dikatakan, Calya adalah mengkombinasikan keberhasilan Toyota mengembangkan LCGC (Toyota Agya) dengan keberhasilan mengembangkan MPV seperti Avanza, Innova dan Sienta.

Tema Wonderful Surprise dalam peluncuran Toyota Calya mengisyaratkan mobil ini akan menjanjikan sesuatu yang diluar dugaan pelanggan. Meski berada di segmen new entry MPV dengan harga yang sangat terjangkau, performance dan kenyamanan mobil ini yang jauh di atas rata-rata kelasnya.

Hal itu antara lain terlihat dari eksterior yang didisain dalam konsep Modern dan Agressive. Konsep ini telah membuat penampilan Toyota Calya berbeda dengan mobil disegmennya, penampilannya terlihat lebih berkelas, membuat penampilan Calya mampu mendukung lifestyle masa kini dan masa depan.

Aura modern dan agressive itu antara lain terlihat dari desain eksterior yang mengkombinasikan dua karakter antara dua karakter dari grille depan, samping, ke belakang. Kisi-kisi depan tampak stylish dan muka dengan lampu depan berbentuk heksagonal.

“Trapesium grille dan T-Shape dari Calya depan mewakili penampilan modern dan dinamis. “L-bentuk terbalik” desain pada lampu belakang memberikan kesan lebih mewah dan eksklusif,” kata Deputy Chief Engineer Toyota Motor Corporation Masanubo Ito sebelumnya pada saat diluncurkan pertama kali di GIIAS bulan Agustus lalu.

Ditopang dimensi yang memenuhi persyaratan sebagai mobil MPV, dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm, konstruksi bodi monoque, tidak hanya membuat penampilan Toyota Calya lebih berkelas, tapi juga menawarkan ruang yang lebih lega untuk interior. Ruang yang diberikan dimensi ini, membuat MPV dengan 7 seater terasa lebih lega.

Paduan wheelbase 2.525 mm dan ground clearance 180 mm, menjadikan Toyota Calya terasa lebih stabil, dan siap menjelajah berbagai kondisi jalan raya dan lalu lintas mengikuti keunggulan pendahulunya.

Kenyamanan dan stabilitas mengemudi Calya semakin lengkap dengan digunakannya suspensi McPherson Strut with Coil with Stabilizer di bagian depan, dan Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil di bagian belakang untuk tipe E, serta Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil with Stablizer untuk Calya tipe G.

Untuk desain interior, Calya memiliki Multi-layer Cockpit, memberikan penampilan interior yang elegan dengan Black dan Brown kombinasi warna. Untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudi dan juga penumpang, Calya dilengkapi dengan beberapa pertama dalam fitur kelasnya seperti: power window, ON – OFF Eco Indicator dan layar informasi Multi Display.

Dari sisi feature keselamatan, Toyota Calya antara lain dilengkapi feature keselamatan immobilizer, dan sealtbelt dengan Pretensioner and Force untuk 7 penumpang, dual SRS Airbag, Driver Seatbelt Reminder, Parkir Sensor. Sama seperti mobil Toyota di segmen lainnya, Calya juga telah menerapkan teknologi GOA yang selama ini telah terbukti mampu meminimalisir dampak negatif dari kecelakaan terhadap penumpang maupun pengemudi. Rem Toyota Calya menggunakan teknologi ventileted disk untuk roda depan dan rum untuk roda belakang.

“Dari sisi keselamatan, Toyota Calya didukung oleh feature yang memenuhi standar New Car Assessment Program For South Asian Countries (ASEAN-NCAP) dengan rating 4, atau tertinggi di kelasnya.

Untuk entertainment atau hiburan, Toyota Calya dilengkapi dengan 4 speaker dari feature audio 2 DIN CD/USB/MP3/Aux untuk mobil tipe E dan 2 DIN CD/USB/MP3/AUX/Bluetooth/Voice Call untuk mobil tipe G. (sol)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …