Sabet Juara, Harga Domba Cikawet Jadi Segini

domba cikawet juara

domba cikawet juara

POJOKBANDUNG.com, KBB–Dalam kontes ternak akbar Piala Kemerdekaan RI 2016 lalu, domba Rama menyabet juara 2 dalam kategori Pejantan Nasional. Maka tak heran jika kini Rama harganya bisa sampai Rp 50 juta.


Sang pemilik, Tata Irawan merasa senang karena domba garut peliharaanya bisa mengalahkan ratusan domba lainnya dan meraih juara dalam kontes yang baru pertama kali digelar di Istana Negara.

Namun yang paling membuatnya bahagia, Jokowi sempat menyambangi dan mengelus dombanya, serta dirinya bersama pemenang lainnya berkesempatan bertemu langsung dan makan bersama Presiden.

“Domba ini jadi kebanggan bagi kami, berkatnya saya dapat bertemu Presiden dan memberikan langsung ucapan selamat kepada saya,” ujar Tata, beberapa waktu lalu.

Tata mengatakan, Rama punya kelebihan berbeda dibanding domba-domba yang ikut kontes tersebut, seperti memiliki paras cantik dengan tanduk besar panjang melingkar di kepalanya, badan dan bulu yang halus serta corak warna yang menarik. Bobot badan Rama yang mencapai 70 kilogram juga di atas rata-rata berat domba pada umumnya.

“Memang dalam kontes ketangkasan domba garut, hal utama yang dinilai juri adalah kecantikan, punya badan bagus dan bibit anakannya,” ungkapnya.

Sebelum diundang ke Istana Negara, Rama sudah mendapat juara pertama kategori Raja Pejantan pada kontes tingkat Jawa Barat di Karawang serta tingkat kabupaten pada 2016.

Selain Rama, Tata juga mengikutkan domba Mutiara dalam kontes di Istana Negara tersebut, dan mendapat juara 1 pada kategori Raja Petet.

Tata menuturkan, peternakan domba garut Pancaniti di Kampung Cipadagirang Desa Mekarjaya Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat milikinya kini terdapat kurang lebih 75 domba mulai dari yang masih berumur 1 bulan hingga 4 tahun.

“Sejak tahun 1992, saya hobi memelihara domba garut, dulunya memang saya suka ikut lomba adu domba namun kini saya hanya konsen pada peternakan, menciptakan bibit unggul,” katanya.

Tata menyatakan, sebenarnya beternak domba garut cukup mudah asalkan ditekuni dengan benar. Selain memberikan pakan nutrisi dan perawatan, hal yang sangat penting lainnya adalah jangan malu meminta saran tentang cara beternak domba garut kepada yang lebih senior.

“Perawatannya engga susah, seperti biasa saja, harus rutin mencukur bulu dan potong kuku, mandi dan bersihkan kandang setiap hari. Jika kandang bersih maka kesehatan domba juga bisa terjaga,” tuturnya.

Tata berharap agar pemerintah bisa lebih mengembangkan para peternak domba garut. Dengan lebih seringnya diadakan kontes semacam ini, otomatis harga domba garut bisa naik berkali-kali lipat.

“Rencananya presiden akan kembali mengadakan kontes domba garut yang hadiahnya mencapai Rp 1 miliar, mudah-mudahan itu bisa diwujudkan agar nilai jual domba garut terus terangkat. Dan masyarakat yang meminati ternak domba Garut akan semakin banyak,” tambahnya.

Dia menuturkan, populasi peternak domba garut saat ini hanya terpusat di wilayah Jabar, Jateng, Jakarta dan Banten. Pada kontes nasional kemarin saja, rata-rata peserta datang dari wilayah Priangan.

Dengan sebaran peternak domba Garut yang hanya di wilayah-wilayah itu saja, menurut dia, menunjukkan jika populasinya belum sampai ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah daerah sangat perlu terlibat dengan menyediakan bibit unggul dan tenaga penyuluh.

Untuk di Bandung Barat itu sendiri, tambah dia, sudah cukup baik karena pemerintahnya sudah mau rutin menggelar kontes. Bahkan masih di kontes domba di Istana Negara kemarin, domba asal Batujajar meraih juara 1 untuk kategori Raja Pedaging karena memiliki bobot 116 kg.

“Pemerintah perlu turun untuk menyediakan bibit karena kemampuan peternak terbatas. Jujur saja, jadi peternak domba sangat menguntungkan, apalagi sebarannya belum terlalu banyak. Siapa yang tak tergiur domba yang kita miliki bisa dihargai sampai puluhan juta rupiah,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Ada Efek Pegal-pegal dan Ngantuk

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah disuntik vaksin, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tidak berencana melakukan kegiatan yang terlalu berat. “Setelah …

Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) …

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …