Naik Sepuluh Persen

Ilustrasi

Ilustrasi

CIMAHI – Jelang hari raya Idul Adha, sejumlah bahan makanan di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan. Meski demikian, naiknya harga masih dalam batas toleransi.


Hampir semua bahan pokok yang dijual di pasar tradisional mengalami kenaikan sebesar 10% dari harga normal. Yang paling tinggi kenaikannya yaitu cabai merah dari harga Rp 29 ribu/kg menjadi Rp 48 ribu/kg.

Bawang merah juga mengalami sedikit kenaikan dari asalnya Rp 32 ribu/kg menjadi Rp 38 ribu/kg, kentang dari Rp 13 ribu/kg naik menjadi Rp 16 ribu/kg. Daging ayam juga mengalami kenaikan Rp 4 ribu, dari Rp 28 ribu/kg menjadi Rp 32 ribu/kg.

Sementara untuk harga di sejumlah supermarket relatif stabil. Hal itu diketahui setelah Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah supermarket dan pasar tradisional, Kamis (8/9).

Petugas melakukan sidak ke tiga tempat yakni Giant Jln. Gandawijaya, Transmart Jln. Amir Mahmud dan Pasar Atas Jln. Kolonel Masturi.

“Sidak ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga serta persediaan dan distribusi barang di kalangan pedagang serta produsen,” ujar Kasubag Usaha Perekonomian Setda Kota Cimahi, Rika Darmayanti saat ditemui usai sidak.

Ia mengatakan, kenaikan harga barang pokok tersebut, selain momentum lebaran Idul Adha, juga disebabkan faktor cuaca yang tidak menentu dan stok ketersediaan.

Salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Atas, Yayah (50) mengatakan, harga ayam dan komoditas lain mengalami kenaikan dalam seminggu terakhir sebesar Rp 500 hingga Rp 800 per kilogram. Sekarang, ia menjual ayam sebesar Rp 32 ribu/kg dari Rp 28 ribu/kg.

“Sudah biasa naik harga jelang hari besar. Tahun-tahun sebelumnya juga sama. Tapi, kenaikan ini masih tidak parah lah, normal-normal saja,” ujarnya.

Bahkan ia memperkirakn kenaikan harga akan terjadi menjelang Idul Adha sampai setelah Idul Adha. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …