Minggu Depan, Disyanjak Pasang Tapping Boks bagi Wajib Pajak

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Minggu depan, Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak) Kota Bandung akan memasang tapping boks di beberapa wajib pajak.


“Pemasaran tapping boks ini, untuk wajib pajak dengan sistem self asesment. Artinya mereka menghitung sendiri berapa pajak yang harus dibayarkan,” ujar Kepala Disyanjak Kota Bandung, Emma Sumarna, kepada wartawan, Jumat (9/9). 

Emma mengatakan, ada sekitar 357 wajib pajak dari empat mata pajak yang self asesment, yang sudah bersedia dipasang tapping boks.Ke empat mata pajak yang pembayaran pajaknya self asesment antara lain, pajak restoran, pajak hotel, parkir, dan tempat hiburan.

Dengan pembagian wajib pajak diantaranya, 145 wajib pajak dari 3171 wajib pajak restoran.

“Dari jumlah pengusaha restoran tersebut 492 wajib pajak merupakan pengusaha katering,” lanjut Emma.

Selain itu, 105 wajib pajak dari 2719 wajib pajak hotel. Yang 2255 diantaranya merupakan pengusaha tempat kos-kosan.

“Jadi pengusaha hotelnya sendiri hanya berjumlah 464 wajib pajak saja,” tambanya.

Ada juga 105 wajib pajak dari 331 wajib pajak hiburan. Dan 9 wajib Pajak dari 1787 wajib pajak parkir.Dengan dipasangnya tapping boks ini, diharapkan bisa mengetahui data real transaksi di lokasi tersebut. Sehingga pajak yang dibayarkan sesuai transaksi.” Ungkapnya.

“Sehingga menghilangkan suuzon kita pada pengusaha,” terangnya.

Pasalnya, lanjut Emma, pihaknya pernah menerima laporan, di slaah satu pusat perbelanjaan. Di mana tempat parkir tidak pernah sepi, namun pemasukan dari pajak parkir tidak signifikan.”Sehingga ya tentu saja di benak kita ada pikiran negatif,” terangnya. 

Karenanya, dengan tapping boks pemasukan pajak lebih maksimal, dan target bisa tercapai.‎Sehingga menghilangkan suuzon pada pengusaha.

Pasalnya, lanjut Emma, pihaknya pernah menerima laporan, di salah satu pusat perbelanjaan. Di mana tempat parkir tidak pernah sepi, namun pemasukan dari pajak parkir tidak signifikan.

“Ya tentu saja di benak kita ada pikiran negatif karenanya, dengan tapping boks pemasukan pajak lebih maksimal, dan target bisa tercapai,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds