Universitas Kaltara (Unikal) Saat Ini Baru Memiliki Satu Dosen Profesional

ORIENTASI : Para mahasiswa baru saat mengikuti MOS.  Universitas Kaltara (Unikal) saat ini baru memiliki satu dosen profesional yang telah mempunyai sertifikat.

ORIENTASI : Para mahasiswa baru saat mengikuti MOS. Universitas Kaltara (Unikal) saat ini baru memiliki satu dosen profesional yang telah mempunyai sertifikat.

POJOKBANDUNG.com TANJUNG SELOR – Universitas Kaltara (Unikal) saat ini baru memiliki satu dosen profesional yang telah mempunyai sertifikat. Padahal, saat ini ada sekitar 90 dosen. Satu dosen tersebut merupakan dekan pertanian.


Rektor Unikal Abdul Jabarsyah Ibrahim mengatakan bahwa dosen yang ada seharusnya sudah melalui proses sertifikasi, sehingga bisa masuk dalam kategori dosen profesional.
Pentingnya dosen memiliki sertifikat agar Unikal bisa melakukan kenaikan klaster yang lebih baik.
“Salah satu persyaratan jika universitas ingin menaikkan klaster ke tingkat berikutnya, dosen profesional lebih dari satu orang,” jelas Jabarsyah, saat dikonfirmasi Jumat (2/9) lalu.
Syarat menjadi dosen profesional pun harus mengikuti sertifikasi. Bila lulus, maka akan mengemban jabatan di akademik dan bisa disebut dengan dosen profesional di bidangnya.
Menurutnya, dosen yang ada di Unikal terdiri dari 70 dosen yang mengantongi nomor induk, dosen khusus sepuluh orang, dan yang memiliki nomor urut pengajar sepuluh orang. Sehingga total dosen yang mengajar di Unikal 90 orang.
Mengenai klaster, saat ini Unikal masih berada di klaster empat. Menaikkan klaster pun ada persyaratan yang harus dipenuhi suatu universitas. Menurut dia, minimal 60 persen dosen yang mengajar harus bergelar doktor untuk mencapai tingkatan klaster.
Sementara di Unikal, baru ada dua dosen yang memiliki gelar doktor. “Universitas yang ada di Kaltara, baru Universitas Borneo Tarakan yang telah mencapai klaster dua. Karena telah memiliki 50 dosen bergelar doktor,” imbuhnya. (uno/asa/jos/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …