Kebutuhan Ikan Kota Bandung Baru Terpenuhi Segini

peternak ikan lele

peternak ikan lele

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kepala Bidang Produksi Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertapa) Kota Bandung, Galih Praasih mengatakan, Kota Bandung baru bisa memenuhi kebutuhan ikan produksi sebanyak 3 persen dari kebutuhan.


“Kebutuhan ikan produksi di Kota Bandung kira-kira 34 kilogram per kapita per tahun dan kita baru bisa memenuhi 3 persennya,” ujar Galih kepada wartawan, Rabu (7/9).

Menurut Galih, jenis ikan produksi yang dibutuhkan warga Kota Bandung diantaranya, lele, nila, emas dan gurame.

“Selama ini, kita mendapat suplai ikan dari daerah lain, seperti Cilacap, Cirebon, Majalaya dan Ciamis,” terangnya.

Karenanya, Dispertapa rutin memberikan pelatihan kepada kelompok petani ikan di Kota Bandung agar bisa menghasilkan ikan produksi dengan maksimal namun menggunakan lahan seadanya.

Galih mengakui, di Kota Bandung sendiri masih sedikit petani ikan produksi. Berdasarkan data Dispertapa, hanya ada 30 kelompok petani ikan di Kota Bandung, satu petani terdiri dari 10-30 orang.

“Sudah ada petani binaan kami yang bisa menghasilkan 5 kuintal per tiga bulan, per petani,” terang Galih.

Biaya awal yang dibutuhkan untuk menjadi petani ikan dengan lahan terbatas, sekitar Rp10 juta-Rp19 juta.

“Dana itu, untuk membuat kolam di pekarangan dengan luas kolam 2X3 meter. Lengkap dengan segala peralatan termasuk ikannya,” terangnya.

‎Tahun ini, lanjut Galih, pihaknya tidak memberikan bantuan dana untuk masyarakat yang ingin beternak ikan.

“Karena terkendala peraturan tentang bantuan sosial dan dana hibah,” terangnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …