Kabupaten Subang Dipastikan Memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

RAPAT:   DPRD Subang membahas tentang Pengesahan Raperda Perubahan SOTK, kemarin (5/9).

RAPAT: DPRD Subang membahas tentang Pengesahan Raperda Perubahan SOTK, kemarin (5/9).

POJOKBANDUNG.com SUBANG – Kabupaten Subang dipastikan memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kepastian terbentukannya badan itu setelah pimpinan Rapat Paripurna yang membahas tentang Pengesahan Raperda Perubahan SOTK, yang digelar kemarin (5/9) hingga pukul 16.00 WIB.


Dalam Perda Perubahan SOTK itu, satu diantaranya adalah pembentukan BPBD yang digabung dengan Pemadam Kebakaran.

“Dengan terbentuknya BPBD diharapkan bisa mengatasi dan mengurangi dampak resiko bencana. Selain itu, dengan terbentuknya BPBD dalam saat bencana bisa terkoordinir dengan baik bukan menimbulkan masalah baru,” kata Ketua Tagana Jajang.

Setelah BPBD terbentuk, Jajang berharap, mereka yang menempati badan baru itu adalah mereka yang memahami dan mengerti serta pengalaman dalam penanganan bencana.

“Artinya, BPBD harus diisi oleh orang yang mengerti tentang penanggulangan bencana, bukan kepentingan tapi lebih kepada kepedulian dan pengabdian,” jelasnya.

Asisten Daerah (Asda) III Setda Kabupaten Subang, Sumasna berharap Pemkab dapat lebih sistematiks dalam penanganan antisipasi bencana dan penanganan bencana termasuk pascabencana.

“Intinya keberadaan lembaga ini diharapakan bisa menekan serendah-rendahnya kerugian dampak bencana apabila bencana tidak dapat dihindari. Di sisi lain, keberadaan BPBD juga memberikan kepastian kepada masyarakat untuk layanan penanganan bencana. Selain itu BPBD, simpul koordinasi horisontal dan vertikal jika terjadi bencana,” ujarnya. (anr)

 

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …