Api PON Mulai Diarak

Suasana berbeda di Balai Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, kemarin. Sejumlah atlet dan warga memadati balai desa. Ya, hari itu tengah digelar kirab obor Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX/Peparnas XV 2016. Api PON dari Majakerta akan mengawali perjalanan perdananya menuju Pendopo Kabupaten Indramayu sebelum diarak keliling 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.


Seperti diketahui, api PON dari tugu api alam didesain ulang menyerupai perahu sebagai ikon daerah pesisir. Selanjutnya akan menjalani kirab bersama 360 pelari inti yang merupakan prajurit Kodam III/Siliwangi.

“Ini menandai kesiapan Kabupaten Indramayu menjadi tuan rumah cabang olahraga layar, renang laut, dan selam laut,” ujar Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Bahram saat menghadiri kirab obor Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX/Peparnas XV 2016.

Api utama pada obor akan dibawa oleh para pelari utama dan legenda olahraga dari berbagai kabupaten/kota yang dilintasi kirab. Selanjutnya, api PON XIX/Peparnas XV dibawa menuju Pendopo Pemkab Indramayu pukul 10.00 dengan upacara pelepasan kirab Api PON XIX/Peparnas XV Jawa Barat.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Puan Maharani dan Komandan Upacara Dandim 0616/Indramayu Letkol Arh Benny Febriyanto.

Api PON akan diarak dengan cara berlari menuju arah Kabupaten Cirebon dengan rute arak-arakan, dari alun-alun menuju Cirebon melalui Jalan Soekarno-Hatta, pertigaan Majakerta –Karangampel sampai ke perbatasan Indramayu-Cirebon di Kecamatan Kapetakan kemudian dilanjutkan ke arah Kota Cirebon. Pada Selasa dini hari, api PON akan dilanjutkan ke arah Kuningan, lalu ke Majalengka, Ciamis – Banjar – Pangandaran – Tasikmalaya – Garut – Sumedang – Subang – Purwakarta – Karawang – Bekasi, Rabu (14/9). Rombongan mulai berkeliling dari Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, menuju Kabupaten Bandung Barat, Cimahi dan Kabupaten Bandung, terus menuju Kota Bandung dan finish di Gedung Sate. Selanjutnya dari Gedung Sate akan dibawa ke GBLA Gede Bage tempat upacara pembukaan berlangsung, dan rencananya Presiden RI, Joko Widodo akan hadir dan membuka acara tersebut.

Upacara Pelepasan kirab obor Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX/Peparnas XV di Pendopo Pemkab Indramayu hadiri Ketua KONI Pusat, para gubenur se Indonesia, para walikota dan bupati se Indonesia, para dandim di jajaran Kodam III/Siliwangi, dan legenda olahraga, serta tamu undangan lainya. (Penrem 063/SGJ)

Loading...

loading...

Feeds

Utamakan Keselamatan Masyarakat

Utamakan Keselamatan Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Bersama dengan pasangan calon Pilkada Kabupaten Bandung, Polresta Bandung melaksanakan deklarasi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol …
Penghitungan Dana BOS Berubah

Penghitungan Dana BOS Berubah

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membeberkan, akan ada perubahan penghitungan alokasi Dana Bantuan Operasional Sekolah …

Akhirnya, KPU Larang Konser pada Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya melarang konser musik dan kegiatan lain yang melibatkan massa berkumpul atau berkerumun pada Pemilihan …

KPU Tetapkan Tiga Paslon di Pilkada Bandung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung resmi menetapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung diikuti oleh tiga pasangan calon.