STIE Ekuitas Akan Buka Prodi Perbankan Syariah

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas, tahun depan kemungkinan akan membuka program studi (Prodi) Perbankan Syariah. Menurut Ketua STIE, Ina Primiana, minat mahasiswa terhadap kuliah konsentrasi perbankan syariah cukup tinggi.


“Tahun depan, mungkin kami coba buka. Ini akan dilihat dulu persiapan. Kami berencana untuk membuat Prodi Perbankan Syariah,” ujar Ina usai acara Penerimaan Mahasiswa Baru STIE Ekuitas, Selasa (6/9).

Menurut Ina, untuk membuat Prodi baru pihaknya harus melihat kecukupan dosen. Karena, di perguruan tinggi swasta, pengadaan dosen berkorelasi dengan biaya. Kalau perguruan tinggi swasta, harus melihat dosennya.

“Jadi untuk menambah dosen harus menghitung jumlah mahasiswanya kira-kira bisa mengcover ga. Kalau perguruan tinggi negeri, ngerekrut dosen ga masalah,” katanya.

Ina mengatakan, setiap tahun minat mahasiswa yang mendaftar ke STIE Ekuitas, ada peningkatan. Tahun ini, calon mahasiswa yang mendaftar sebanyak 3 ribu. Tapi, kuota yang ada hanya 1000 mahasiswa.

“Kami memang membatasi jumlah mahasiswa karena kuotanya hanya 1.000. Ya, tahun ini, bisa 1.100 karena keterbatasan tempat,” katanya.

Untuk menambah jumlah mahasiswa, kata dia, STIE Ekuitas harus memiliki tempat baru. Saat ini, tempat tersebut sedang dirintis.

Terkait jurusan favorit, kata dia, saat ini jurusan yang sangat diminati mahasiswa adalah S1 manajemen. Namun, semua prodi pun minatnya meningkat. Yakni, S1 Akuntansi, D3 keuangan, D3 Perbankan, D3 Akuntansi.

“D3 Keuangan Perbankan kami, kemarin dapat akreditasi A,” katanya.

STIE Ekuitas, kata dia, memiliki kelebihan dibandingkan perguruan tinggi lain. Yakni, memiliki program semua mahasiswa harus dibekali pengetahuan perbankan. “Tag line kami kan, Keuangan, perbankan dan kemahasiswaan. D3 kami fokus itu, jadi memang melebihi dibanding yang lain,” katanya.

Selain itu, kata dia, STIE Ekuitas pun memiliki kerja sama dengan Bank BJB. Yakni, memiliki program talent spotting pada semster 5. Namun, mahasiswa yang akan mengikuti program ini sudah diseleksi dari semester 1.

“Kami lihat passion mereka ke BJB. Yang lulus, kami memberikan uang saku dan ada ikatan dinas,” katanya.(agp)

Loading...

loading...

Feeds