Mutasi Cacat Hukum

SUBANG – Puluhan massa dari Forum Publik Integration menilai rotasi dan mutasi para pejabat eselon II dan III yang dilakukan Pemkab Subang beberapa hari lalu dinilai cacat hukum. Hal ini mereka sampaikan dalam aksi unjuk rasa dihalaman Pemkab Subang dan Kantor DPRD Subang, Senin (5/9).


Koordinator aksi Teddy menyebutkan, rotasi dan mutasi 103 pejabat eselon II dan IV itu cacat hukum. Salah satu indikatornya, pemberitahuan mutasi itu dilakukan hanya melalui telepon dan pesan singkat.

“Kami menganggap ini cacat hukum. Mereka yang dimutasi tidak menerima surat, karena pemberitahuan itu melalui pesan singkat. Kami minta rotasi dan mutasi yang telah dilakukan itu dibatalkan, karena dinilai cacat hukum,” ujar Tedy.

Artinya, pemerintah harus mengembalikan posisi para pejabat ke posisi semula, itu konsekuensi yang harus dilakukan pemerintah Pemkab Subang. Kembalikan para pejabat itu ke posisi awal,” katanya.

Teddy menilai Pemkab Subang terlalu terburu-buru untuk melakukan rotasi dan mutasi, padahal belum perlu dilakukan. Mestinya Pemkab melakukan optimalisasi kerja pegawai.

“Artinya yang perlu dilakukan Pemkab, adalah penguatan SDM, bukan malah rotasi dan mutasi. Ini bukan solusi, apalagi untuk meningkatkan kinerja, yang harus dibenahi adalah SDM pegawainya,” tegasnya.

Tedy berharap, jangan ada pergeseran posisi sampai Raperda SOTK itu tuntas dan disahkan.

Asda III Saad Abdul Ghani yang menerima massa pengunjuk rasa menyebutkan, jika proses proses rotasi dan mutasi itu sudah ditempuh secara prosedural, sah dan legal.

Sebelumya sebanyak 103 pejabat eselon III dan IV di RUmah Dinas Bupati, Senin (29/8/2016) dilantik. Pelantikan ini, merupakan program mutasi dan rotasi pertama yang dilakukan Imas Aryumningsih setelah ditinggalkan Bupati Ojang Sohandi yang tersandung kasus korupsi.

Dari 103 pejabat itu, 15 diataranya adalah posisi Camat. Selebihnya Sekretaris Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan posisi jabatan lainnya. Pelantikan pejabat publik itu sesuai dengan SK No 821.2/Kep-380-BKD/2016. (anr)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …