Harga Sapi Kurban Rp 20 Juta

ilustrasi hewan kurban

ilustrasi hewan kurban

 


POJOKBANDUNG.com CIHAMPELAS- Penjulan hewan kurban domba dan sapi sudah mulai ramai bermunculan. Seperti di Kecamatan Cihampelas, Kabupten Bandung Barat mulai bermunculan pedagang musiman hewan kurban. Tahun ini harga sapi potong naik dibanding tahun lalu.

Seperti diungkapkan salah seorang pedagang sapi potong, Bayu Firmansyah (29). Dia mengatakan, untuk kisaran harga sapi sendiri, paling murah dirinya menjual dengan harga Rp 19, 5 juta dan paling mahal mencapai Rp 28 juta baik untuk jenis sapi bagus maupun biasa.

“Tahun lalu paling murah di kisaran Rp 16 juta sampai Rp 17 juta. Sekarang paling murah saya jual Rp 19,5 hingga Rp 20 juta,” kata Bayu saat ditenui di Jalan Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (1/9).

Namun diakui Bayu, harga sapi memang disesuaikan dengan kualitas berat sapi tersebut, semakin berat maka harga sapi akan semakin mahal. Dirinya hanya sebagai penjual kecil jadi stok barangnya tidak banyak, berbeda dengan penjual kelas besar.

“Mungkin kalau di pedagang besar masih ada sapi dengan harga Rp 16 juta, atau yang lebih mahal juga pasti ada tergantung stok dan ukuran sapinya,” ujar Bayu.

Sementara bandar besar sapi potong Ajun (62) di Kampung Babakan Cianjur RT 6/4 Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat mengatakan, belum ada kenaikan signifikan dari harga jual sapi potong miliknya. Dirinya menjual sapi potong di kisaran Rp 16 juta hingga Rp 60 juta lebih tergantung bobot sapi.

“Harganya masih tetap seperti tahun lalu. Harganya nimbang (sesuai) bobot, harga sapi kualitas super Rp 60 ribu per kg dengan berat mulai 400 kg hingga 1 ton lebih, sapi kualitas biasa sekitar Rp 53 ribu per kg, dengan berat minimal 300 kg,” tutur dia di kandang sapi miliknya.

Menurutnya pria yang sudah menggeluti bisnisnya selama 25 tahun tersebut, kondisi seperti ini tidak akan terlalu berpengaruh hingga menjelang perayaan Iduladha nanti.

“Kalau di sini enggak berpengaruh beda dengan di kota, mungkin harganya bisa naik. Kalau di sini harga berdasarkan berat, jadi sapi dikilo terlebih dahulu lalu ditentukan harganya berapa,” tuturnya.

Jenis sapi potong paling mahal miliknya berjenis limosin dan simental, sementara sisanya berjenis sapi Madura, Bali dan PO Mongol. Kebanyakan sapi miliknya diperoleh dari Muntilan Jawa Tengah, selain itu ada juga yang diperoleh dari pasar Jawa Barat.

“Jumlahnya sekitar 300 ekor bermacam-macam jenis. Sebagian sudah dipesan jauh-jauh hari,” ungkapnya.

Ayah tiga anak tersebut mengatakan, selama ini kebanyakan pembeli berasal dari daerah setempat seperti Cihampelas, Cililin dan Batujajar. “Selain itu dari luar juga ada seperti Jakarta, Bandung, Sumedang, Cimahi, Cimindi. Tapi kebanyakan mah dari Bandung,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …