BI Corner Lengkapi Perpusda Kota Bandung

KOLEKSI: Kepala KPw BI Jabar, Rosmaya Hadi (kiri) dan Walikota Bandung Ridwan Kamil (tengah) melihat-lihat koleksi buku BI Corner di Perpusda Kota Bandung, Rabu (31/8).

KOLEKSI: Kepala KPw BI Jabar, Rosmaya Hadi (kiri) dan Walikota Bandung Ridwan Kamil (tengah) melihat-lihat koleksi buku BI Corner di Perpusda Kota Bandung, Rabu (31/8).

POJOKBANDUNG.com BANDUNG–Untuk menciptakan generasi gemar membaca, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jawa Barat mendirikan “BI Corner” di Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, Jalan Caringin Kota Bandung.


Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar, Rosmaya Hadi, program ‘BI Corner’ dalam upaya mendukung pemahaman masyarakat terhadap keberadaan dan peran BI, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan lewat penyediaan buku berkualitas di masyarakat.

“Program BI Corner tak lepas dari upaya menciptakan generasi gemar membaca mulai anak-anak usia dini hingga mahasiswa. BI Corner juga dapat dimanfaatkan sebegai perpanjangan tangan dai perpustakaan khusus yang dimiliki setiap kantor perwakilan seluruh Indonesia,” ujar Rosmaya di sela-sela peresmian BI Corner di Perpusda Kota Bandung, Jalan Caringin, Rabu (31/8).

Rosmaya menyebutkan, koleksi buku yang tersedia di BI Corner itu, diantaranya berupa buku-buku ekonomi. “Pengunjung BI Corner bisa mendapatkan buku-buku tentang ekonomi, misal bagaimana cara menyimpang uang yang baik, termasuk juga buku-buku edukatif dengan ilustrasi komik dan animasi menarik,” terangnya.

Sementara, Walikota Bandung Ridwan Kamil menyadari minat baca masyarakat Indonesia masih tergolong lemah. Sebab itu, upaya meningkatkan kegemaran membaca terutama di kalangan generasi muda harus mendapat dukungan penuh. Terkait program BI Corner, menurut Ridwan Kamil, selaras dengan program Kota Bandung dalam Gerakan Maca Sauyunan (Gemas) yang merupakan program andalan kota Bandung.

“Program ini sudah diterapkan di seluruh sekolah kota Bandung mulai sebulan lalu diwajibkan kepada anak-anak di sekolah membaca 15 menit buku nonkurikulum dan dibimbing oleh kepala sekolah sebelum kegiatan belajar mengajar,” ungkap Ridwan Kamil seusai meresmikan BI Corner di Perpusda Kota Bandung.

Ridwan Kamil menambahkan, Pemkot Bandung akan menguatkan perpustakaan dengan konsep desentralisasi, yakni dengan membangun taman bacaan di setiap kelurahan dan kampung-kampung padat yang difasilitasi gerobak baca.

“Kami akan terus menjalin kerja sama dengan pihak ketiga, termasuk dengan BI Jabar. Pola BI Corner sangat mendukung karena selain menyediakan buku konvensional juga koneksi internet,” pungkasnya. (nto)

Loading...

loading...

Feeds

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …