Tim Nawacita Gandeng GMBI

Tim Nawacita, Joko Daryanto (kanan) dan Ketua Umum DPP LSM GMBI, Moh Fauzan Rachman (kiri), foto bersama usai penandatangan kerjasama.

Tim Nawacita, Joko Daryanto (kanan) dan Ketua Umum DPP LSM GMBI, Moh Fauzan Rachman (kiri), foto bersama usai penandatangan kerjasama.

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG– Tim Nawa Desa, Divisi Nawacita menjalin kerjasama dengan LSM GMBI, kemarin. Kerjasama ini bertujuan membangun desa di seluruh Indonesia. Tim Nawacita langsung dihadiri adik Presiden Jokowi, Joko Daryanto dan tim Nawa Desa, Gigih. Kehadiran mereka di Bandung juga dalam rangka mensosialisasikan program Nawacita dari Presiden Jokowi, sekaligus memonitoring sejauh mana program Nawacita berjalan.

Di hadapan keluarga besar GMBI, Penasihat Tim Nawacita, Joko Daryanto mengatakan, Nawacita merupakan program yang sifatnya sosial, sekaligus memantau potensi daerah yang tidak dimunculkan secara nasional. Jika daerah memiliki potensi bagus, pendanaannya tidak harus melalui daerah, tapi bisa dari pemerintah pusat.

“Tim Nawacita mengontrol semua aktifitas di desa, dengan kata lain tol desa. MoU Tim Nawacita dan Nawa Desa dengan GMBI sudah berjalan. Kedepan kedua tim ini akan menyerap seluruh program dari Kementerian, diantaranya dari Kementerian Desa,” terang Joko.

Joko menambahkan, pihaknya membutuhkan data base dari desa, sehingga tim punya kekuatan secara sistimatis. Karena itu, transformasi online (TOL) akan terus masuk ke desa demi membantu program pemerintah mewujudkan ekonomi perdesaan.

Sementara Ketua Umum DPP LSM GMBI, Moh Fauzan Rachman mengatakan, pihaknya siap membantu program Presiden Jokowi. “Seluruh keluarga besar GMBI akan turun langsung ke desa, termasuk soal pendataan data base dari desa. Soalnya gagasan ini akan turut membantu beban masyarakat perdesaan, sehingga kedepan masyarakat desa bangga atas apa yang kami lakukan. Kami tunjukan bahwa GMBI adalah lembaga yang peduli terhadap saudara-saudara kami yang ada di desa,” kata Fauzan.

Ia menambahkan, Nawa Desa merupakan bagian dari devisi Tim Nawacita, sehingga kedepan GMBI terus sosialisasi untuk menyakinkan masyarakat. “Secara mikro ekonomi kami termasuk di desa sudah dipengaruhi oleh pihak luar,” pungkasnya. (man/mun)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …