Potensi Kelautan Belum Tergali Maksimal

Ilustrasi

Ilustrasi

Bandung- Potensi bahari Tanah Air belum tergali maksimal. Padahal, sebagai negara yang dua pertiga wilayahnya berupa lautan, sudah dipastikan berbagai kekayaan laut terdapat di negara yang memiliki garis pantai sepanjang 81 ribu kilometer ini.


Berdasarkan data Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada 2016, potensi kelautan Indonesia mencapai 1,33 triliun dolar AS per tahun. Jumlah tersebut setara dengan tujuh kali lipat angka APBN saat ini.

Namun, eksplorasi maritim saat ini masih didominasi dari sektor ikan tangkap saja. Potensi ikan tangkap sebanyak 7 ton per tahun pun belum maksimal karena minimnya kelengkapan yang dimiliki.

Kondisi serupa terjadi juga pada eksplorasi olah raga bahari di Tanah Air. Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olah raga Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Kosmas Harefa mengatakan, perkembangan olah raga bahari Indonesia masih tertinggal oleh negara lain.

Seharusnya, kata dia, olah raga bahari ini menjadi plaza bagi Indonesia. “Sekarang tertinggal, potensinya belum tergali maksimal,” kata Kosmas saat Focus Group Discussion (FGD) terkait pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016, di kawasan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (30/8/2016).

Sail Selat Karimata 2016 yang akan digelar 12-15 Oktober mendatang ini merupakan upaya Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya untuk lebih menggali potensi kelautan. Menurutnya, gelaran ini merupakan rangkaian sail-sail sebelumnya, dan kini sudah memasuki tahun ke-8.

“Sebelumnya kan Sail Bunaken, Sail Raja Ampat,” katanya. Selain menampilkan berbagai budaya dan tradisi yang ada di kawasan sekitar, pada puncak gelaran Sail Selat Karimata ini akan dipertandingkan berbagai olah raga bahari, seperti berlayar, dayung, mancing, dan jetski.

Pihaknya mengedepankan olah raga bahari sebagai pembeda dari gelaran-gelaran sail sebelumnya. “Memanfaatkan sail ini sebagai momentum mengangkat olah raga bahari. Kita ingin mendorong ada even-even olahraga bahari,” katanya.

Pertandingan bahari pada Sail Selat Karimata 2016 ini, kata dia, akan diikuti atlet-atlet nasional. Lebih lanjut dia katakan, gelaran sail yang dilakukan Kemenko Kemaritiman ini bertujuan mengangkat berbagai potensi bahari yang masih tertinggal.

“Tujuannya bagaimana mendorong percepatan pembangunan yang tertinggal. Sekarang, bagaimana membangkitkan olah raga bahari,” katanya seraya menyebut menurut rencana Sail Selat Karimata ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sail Selat Karimata 2016 ini berada di empat provinsi sekaligus yang wilayahnya mencakup Selat Karimata, yakni Kalimantan Barat, Jambi, Kepulauan Riau, dan Bangka Belitung. Adapun pertandingan olah raga bahari ini akan digelar di wilayah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kayong Utara Santun Simorangkir mengatakan, pihaknya siap menggelar pertandingan bahari tersebut. Bahkan, menurutnya olah raga bahari ini harus selalu dipertandingkan dalam setiap gelaran sail selanjutnya.

“Diangkat jadi suatu even tetap di setiap acara sail. Karena selama ini kan sail selalu atraksi kapal, festival budaya,” katanya.

Adanya olah raga bahari ini disambut baik pejetski nasional. Sekretaris Jenderal Jetski Indonesia Rinaldi Duyo mengatakan, saat ini Indonesia hanya menjadi penonton dalam setiap ajang olah raga bahari ini.

Selain itu, olah raga air yang diikuti pun selalu berkutat pada cabang-cabang tradisional. Padahal, pada jetski ini, telah lahir juara dunia asal Indonesia.

“Jangan hanya menonton, tapi merancang bagaimana agar bisa jadi hebat,” kata dia di tempat yang sama. Untuk memeriahkan Sail Selat Karimata 2016 ini, pihaknya akan menggelar konvoi jetski dari Jakarta menuju Kabupaten Kayong Utara.

Menurutnya, sekitar 20-30 pejetski akan mengikuti touring tersebut. “Diperkirakan perjalan sekitar satu hari,” katanya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …