Cek Disini.. Cara Alami Mencegah Penyakit Diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Secara Alami

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sangat ditakuti setelah kanker, dan serangan jantung. Penyakit diabetes disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi dalam darah. Namun bagi Anda yang takut akan penyakit diabetes, ada beberapa cara mencegah penyakit diabetes yang bisa anda lakukan. Berikut di antaranya :


a. Rajin berolahraga 

 

oal

ilustrasi olah raga

 

Cara mencegah penyakit diabetes yang pertama adalah dengan rajin berolahraga. Diabetes disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi, kadar gula dalam tubuh seharusnya dibakar menjadi energi namun justru menjadi penyakit dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena insulin sudah tidak mampu lagi untuk mengatasinya. Selain itu olahraga yang tidak diimbangi juga akan menaikkan kadar gula darah. Kalori dalam tubuh sebenarnya dapat diubah menjadi tenaga lewat olahraga. Karena itu untuk mencegah adanya gula darah yang tinggi dalam darah, sebaiknya lakukan olahraga dengan teratur. Langkah inilah yang sangat membantu dalam mencegah terjadinya diabetes.

b. Konsumsi makanan yang sehat

us

makan yang sehat baik buat kesehatan

Tidak hanya melakukan olahraga, Cara mencegah penyakit diabetes lainnya adalah dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang sehat akan membantu mencegah terjadinya gula darah tinggi dalam tubuh. Makanan tersebut seperti sayuran, buah-buahan, air putih, kacang- kacangan, dan susu rendah lemak. Karena makanan tersebut rendah kalori serta tinggi akan zat gizi. Untuk itu makanan sehat tersebut akan membuat tubuh anda terhindar dari kolesterol tinggi pemicu diabetes.

c. Hindari makanan berlemak

hindari makanan yang berlemak tinggi

hindari makanan yang berlemak tinggi

Cara mencegah penyakit diabetes selanjutnya adalah dengan menghindari makanan berlemak. Fast food, gorengan, merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi tersebutlah yang akan memicu tingginya kadar gula dalam darah. Jika makanan tersebut dikonsumsi terus-menerus tanpa olahraga, sudah pasti tubuh akan kelebihan kolesterol. Kolesterol yang tinggi tersebut kemudian akan menjadi gula dalam darah, apabila insulin sudah tidak mampu lagi mengatasinya, maka gula darah akan meningkat dan terjadilah diabetes. Untuk itu mulai dari sekarang, hindarilah makanan yang tinggi kolesterol, apabila Anda ingin mengkonsumsinya sebisa mungkin jangan berlebihan.

d. Perbanyaklah minum air putih

meminum air putih banyak khasiat nya

meminum air putih banyak khasiat nya

Air putih bermanfaat dalam melarutkan kolesterol dan racun dalam tubuh. Karena itu minum air putih dengan cukup merupakan salah satu cara mencegah diabetes. Minum air putih memang dianjurkan sebanyak 8 gelas sehari. Jadi bagi Anda yang ingin sehat dan terhindar dari diabetes sebaiknya minumlah air putih yang banyak.

e. Rajin memeriksakan kadar gula darah

rajin memeriksa kadar gula darah

rajin memeriksa kadar gula darah

Untuk mengetahui kadar gula darah sedang tinggi atau tidak yaitu melalui pemeriksaan medis. Kadar gula dalam tubuh dapat Anda periksakan secara rutin ke dokter. Jadi bagi Anda yang ingin mengontrol gula darah dalam tubuh, sebaiknya periksakan dari sekarang. Dengan begitu Anda dapat mengawasi bagaimana perkembangan kadar gula darah Anda, sehingga mampu mencegah terjadinya kadar gula yang tinggi.

f. Hindari stres

hindari stres berlebih

hindari stres berlebih

Stres merupakan penyebab penyakit diabetes. Ada sebagian orang yang saat stres melampiaskannya dengan makan. Seorang yang sedang stres tidak akan memikirkan apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Biasanya makanan yang dikonsumsi adalah makanan berlemak dan makanan yang manis. Hal tersebut akan menyebabkan kolesterol dan gula menumpuk pada tubuh, dan jika dibiarkan akan menyebabkan diabetes. Untuk itu hindari pemicu stres dengan cara olahraga, bersenang-senang, rekreasi, berkumpul bersama keluarga maupun teman, dan lain sebagainya.

Semoga dengan adanya informasi mengenai cara mencegah penyakit diabetes di atas, Anda dapat mencegah penyakit diabetes sejak dini. Karena penyakit diabetes merupakan suatu hal yang sangat tidak diinginkan, maka dari itu pencegahan perlu dilakukan.(sn)

 

Loading...

loading...

Feeds

Jokowi Bela Prabowo Super Maksimal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Prabowo yang sejak menjabat banyak melakukan perjalanan ke luar negeri. Menurut Jokowi, langkah Menteri Pertahanan …

Jalan Haji Gofur Menuju Cilame Putus

POJOKBANDUNG.com,CILAME – Jembatan Irigasi di Kampung Sukamaju RT 01 RW 01, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah amblas, Selasa (21/1/2020). Akibatnya, penghubung …

Fabiano Beltrame Masih Butuh Waktu

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Fabiano Beltrame akhirnya bisa kembali bermain bersama Persib Bandung dalam pertandingan resmi. Fabiano tampil saat klub berjulukan Maung Bandung …

Oyo Group Bangun Penginapan Siluman

POJOKBANDUNG.com,CIMAHI – Sebuah Hotel di Jalan Budi, Kelurahan Pasir kaliki, Kecamatan Cimahi Selatan, mendapatkan Peringatan (SP) pertama pemkot Cimahi. Pasalnya, …