Dipindah ke Lapas Sukamiskin OC Kaligis Pasang Muka Begini

Pemindahan Oc Kaligis_Khairizal Maris

Pemindahan Oc Kaligis_Khairizal Maris


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG
– Tetap tersenyum. Ya itulah yang pertama kali terlempar dari pengacara kondang Otto Cornelis Kaligis saat tiba di Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung, Kamis (25/8). Tak terlihat raut kesedihan sedikikitpun dari muka OC Kaligis saat pemindahahan tersebut.


OC Kaligis datang ke Lapas Sukamiskin dengan menggunakan mobil innova milik KPK, dan langsung masuk ke dalam Lapas Sukamiskin. Mengenakan batik lengan panjang warna kuning, Kaligis terlihat membawa dua buah koper besar yang kemungkinan berisi pakaian serta barang-barang pribadi miliknya.

Ayah artis Velove Vexia itu dikurung di Sukamiskin, setelah kasasinya ditolak Mahkamah Agung. Mantan petinggi Partai Nasdem ini akan mendekam selama sepuluh tahun di Sukamiskin.

Kaligis juga dengan tegas mengaku tidak bersalah. “Bagi saya, saya tidak merasa bersalah yah,” tegas OC Kaligis kepada wartawan di Lapas Sukamiskin.

Kaligis juga tetap akan menempuh Peninjauan Kembali (PK) “Saya akan berjuang sampai PK, terserah mau sepuluh tahun, mau 20 tahun saya ada disini,” jelas Kaligis.

Kaligis didakwa menyuap tiga hakim PTUN Medan yaitu Tripeni Irianto Putro selaku ketua majelis hakim sebesar 5 ribu dolar Singapura dan 15 ribu dolar AS. Menanggapi hal itu, Kaligis menyatakan bahwa Ketua Majelis Hakim PTUN Medan, tidak pernah menerima uang darinya.

“Yang saya kasian si Tripeni nggak pernah mau terima duit dari saya, masuk. Pembelaaan saya cuma dari BAP, kalau BAP dibaca baik-baik tanggal 9 Juli saya tidak tahu dia mau kesana, dia dapat Rp 300 juta saya ngga pernah tahu,” tandas Kaligis.

Sementara itu, Plt Kepala Lapas Sukamiskin yang juga Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwilkumham Jabar, Agus Toyib membenarkan kedatangan Kaligis. “Benar ada pelimpahan tahanan napi kasus korupsi dari KPK, atas nama OC Kaligis. Tadi sudah tiba sekitar pukul 15.30 WIB,” jelas Agus, saat dikonfirmasi, Kamis(25/8).

Agus menambahkan, untuk satu minggu pertama, pengacara kondang tersebut akan mengikuti pengenalan dulu.

“Sekarang baru masuk, kemudian pengecekan administrasi berkas pelimpahan dari KPK, serta penetapan putusannya. Baru masuk ke tahanan,” ujar Agus.

Untuk penempatan blok sendiri, Agus menyatakan bahwa hal tersebut belum bisa dipublikasikan. Hal ini, imbuhnya, sesuai arahan KPK dimana untuk masa pengenalan tidak boleh dipublikasikan sel atau blok tahanannya.

“Termasuk kepastian dijenguk keluarga masih menunggu aturan dari KPK setelah melewati masa pengenalan, kapannya saya tidak tahu,” ujar Agus.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak mengatakan, ini merupakan eksekusi yang dilakukan KPK atas putusan MA.

“KPK mengeksekusi terpidana OCK ke Lapas Sukamiskin, Bandung,” ujar Yuyuk, Kamis (25/8).

Kaligis terbukti menyuap Ketua PTUN Medan Tripeni Iriato Putri dan dua anggota majelis hakimnya. Panitera PTUN Medan juga kena ciprat uang panas OC Kaligis.

Belakangan terseret pula Gubernur Sumut Gatot Puji dan istri serta Sekjen Partai NasDem Rio Capella. Awalnya, Kaligis dihukum 5,5 tahun penjara dan diperberat di tingkat banding menjadi tujuh tahun penjara. Di tingkat, hukumannya diperberat menjadi 10 tahun penjara.

Selain itu, KPK juga mengeksekusi terpidana kasus suap pembangunan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong tahap III tahun 2011, Bobby Reynold Mamahit. Bobby divonis lima tahun penjara, denda Rp 150 juta, subsider tiga bulan kurungan. Bobby pun menerima putusan tersebut.(cr1/boy/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …