Warning… Polisi Dilarang Selfie di Medsos

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG
– Anggota Polri yang berada di wilayah hukum Polda Jabar saat ini sudah tidak bisa sembarangan lagi mengunggah foto-foto pribadi ke media sosial. Hal ini berdasarkan aturan baru yang dikeluarkan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian melalui telegram rahasia (TR) kepada seluruh anggota Polri.


“Ada jukrah (petunjuk arahan, red) dari Kapolri melalui Kadiv Propam, karena sekarang banyak beredar media sosial, anggota tidak boleh mengunggah foto yang bukan masalah kedinasan,” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus melalui sambungan telepon, Kamis (25/8).

Yusri menuturkan, arahan tersebut bukan berarti anggota Polri khususnya anggota Polda Jabar dilarang total mengunggah foto ke media sosial. Anggota, lanjut dia, masih boleh mengunggah foto ke media sosial, namun yang bersifat positif.

“Banyak lah hal-hal positif kaya menolong orang atau kegiatan-kegiatan positif tu diunggah kan bagus. Tapi yang berbau negatif, selfie menggunakan pakaian dinas polisi lalu melet-melet atau lenjeh-lenjeh itu tidak boleh, dilarang,” jelasnya.

Yusri menuturkan, larangan ini bukan tanpa sebab. Menurutnya, hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

“Ini masalah kepercayaan masyarakat. Jangan sampai, nanti masyarakat hilang kepercayaan kepada kami karena foto-foto berbau negatif. Masyarakat mengunggah foto berbau negatif saja ada pro dan kontra, apalagi anggota Polri,” paparnya.

Yusri menuturkan, sanksi tegas mengancam anggota Polda Jabar yang mengunggah foto berbau negatif ke media sosial. Anggota yang kedapatan mengunggah foto berbau negatif di media sosial, akan dikenakan sanksi kode etik sampai sanksi disiplin.

“Kalau ada akan ditegur. Karena sudah pelanggaran disiplin. Nanti akan diperiksa oleh Propam, hal itu kan merusak citra Polisi juga,” ungkapnya.

Yusri menuturkan, pihaknya pun telah mensosialisasikan aturan tersebut kepada seluruh anggota Polri yang berada di wilayah hukum Polda Jabar. Pihaknya juga telah meminta kepada anggotanya untuk menghapus foto berbau negatif yang sudah diunggah ke media sosialnya masing-masing.

“Para Kapolres juga sudah diamanatkan untuk mengimbau anggotanya tidak mengunggah foto-foto negatif ke media sosial. Terutama kepada Polwan (Polisi Wanita, red) dan Polki (Polisi lelaki, red) yang muda-muda. Untuk foto yang sudah beredar, kami sudah minta untuk dihapus,” pungkasnya.(nda)

Loading...

loading...

Feeds