BPJS Ketenagakerjaan Bandung Gandeng Kejari

BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya telah memberikan surat kuasa khusus kepada Kejari Kota Bandung dan Kejari Kab. Bandung untuk diberikan penegakan hukum bagi perusahaan-perusahaan yang tidak tertib administrasi.

BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya telah memberikan surat kuasa khusus kepada Kejari Kota Bandung dan Kejari Kab. Bandung untuk diberikan penegakan hukum bagi perusahaan-perusahaan yang tidak tertib administrasi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Meskipun UUD Ketenagakerjaan telah disosialisasikan sejak tahun 2013, namun sampai sekarang, masih banyak pengusaha yang bergeming tidak melaksanakan amanah Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial .


Amanah tersebut secara tegas menetapkan bahwa Pemberi Kerja secara bertahap, wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta kepada BPJS sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti dan jika melanggar kewajiban ini,maka pemberi kerja dapat dikenakan sanksi administrasi.

Terkait dengan hal tersebut,kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya, Dodi latpurianto, bersinergi dengan Kejaksaan Negeri Kota Bandung Agus Winoto dan Kejaksaan Negeri Kab Bandung R. Sugiono untuk menegakkan hukum yang telah diundangkan.

Menurut Dodi, sinergitas ini sebagai langkah penindakan hukum tertib administrasi kepada perusahaan-perusahaan yang menunggak iuran, PWBD (perusahaan wajib belum daftar), dan perusahaan yang mendaftarkan sebagian tenaga kerjanya, BPJS Ketenagakerjaan dan Kejari Kota maupun Kabupaten Bandung bersinergi.

Dodi menambahkan, langkah tersebut dinilai sangat perlu dilakukan setelah pihak BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan teguran secara tertulis serta kunjungan kepada perusahaan namun tidak diindahkan. Kejari kota maupun kabupaten bandung juga berjanji akan menindak tegas perusahaan-perusahaan “nakal” tersebut.jelasnya.

Sebagai langkah nyata dari kerjasama ini, pada tanggal 16 dan 19 agustus 2016. BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya telah memberikan surat kuasa khusus kepada Kejari Kota Bandung dan Kejari Kab. Bandung untuk diberikan penegakan hukum bagi perusahaan-perusahaan yang tidak tertib administrasi.

“Dengan telah diserahkannya surat kuasa khusus tersebut, BPJS Ketenagakerjaan mengimbau agar perusahaan-perusahaan bisa lebih tertib dan mendukung program pemerintah untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan tenaga kerja di Indonesia,” pungkas Dodi. (sol)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …