Gandakan Uang Dua Dukun Penipu Ini Diciduk

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung menciduk dua orang pelaku penipuan. Kedua orang ini, menipu korbannya dengan mengaku sebagai dukun yang dapat menggandakan uang.


“Ada empat orang pelaku. Dua orang yakni AS (50) dan ES (42) sudah kami tangkap. Sementara EG dan EMS masih dalam pengejaran kami,” ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Winarto melalui Wakasat Reskrim Polrestabes Bandung, Kompol Fauzan Syahrir di Markas Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Selasa (23/8).

Fauzan menuturkan, kejadian ini bermula saat korban HH (39) warga Cimahi bertemu dengan empat orang pelaku di salah satu mall di Kota Bandung pada Jumat (1/4). Saat itu, keempat pelaku ini mengaku memiliki ilmu untuk menggandakan uang.

“Pelaku merayu korban, dia bilang mendapat bisikan gaib bisa melipatgandakan uang,” ujarnya.

Alhasil, HH pun terbujuk rayuan para pelaku. Sejak saat itu, HH pun menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku yang totalnya mencapai Rp 450 juta.

“Uang itu diserahkan secara bertahap kepada pelaku. Dua kali menyerahkan Rp 100 juta dan terakhir Rp 250 juta,” tuturnya.

Selang beberapa waktu, lanjut Fauzan, para pelaku pun mendatangi perusahaan tempat HH bekerja. Saat itu, pelaku membawa empat buah dus berukuran besar berwarna cokelat yang ditutup rapat. Pelaku mengatakan kepada korban jika dus itu berisi uang korban yang akan berlipat ganda.

“Lalu pelaku meminta kepada korban untuk tidak membuka dus itu sampai ada perintah dari pelaku. Pelaku menjanjikan uang yang berada di dalam dus akan berlipat ganda menjadi Rp 8 miliar,” ujarnya.

HH pun menyanggupi permintaan dari pelaku untuk tidak membuka dus tersebut. Namun, lama kelamaan, HH menaruh curiga terhadap isi dari dus tersebut.

“Akhirnya korban membuka dus itu. Tapi saat dibuka, ternyata bukan uang, melainkan tumpukan kertas HVS polos yang dipotong-potong berukuran uang pecahan Rp 100 ribu,” ungkapnya.

Mendapati hal itu, HH langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polrestabes Bandung. Kedua pelaku, AS dan ES kemudian ditangkap di tempat persembunyiannya pada Selasa 9 Agustus 2016.

“Dua orang pelaku lainnya masih kami kejar,” tambahnya.

Polisi pun menyita barang bukti empat dus berisikan kertas polos berukuran uang Rp 100 ribu. Kedua pelaku yang ditangkap, kini telah mendekam di sel tahanan Mapolrestabes Bandung.

“Mereka dikenakan Pasal 378KUHpidana tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” pungkasnya.(nda)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …