Kecamatan Cinambo Raih Penghargaan Lantaran Inovasi Ini

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kecamatan Cinambo dapat penghargaan dari Pemprov Jabar. Penghargaan diraih lantaran Kecamatan Cinambo sekarang memiliki comand center sendiri.


“Ini berita baik, ya karena Kecamatan Cinambo dapat rangking 1 dari 626 kecamatan se Jawa Barat,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, kepada wartawan, Jumat (19/8).

Ridwan Kamil mengatakan, salah satu kriteria penilaian penghargaan ini, adalah, inovasi yang dimiliki camat.

“Jadi sekarang segala urusan termasuk yang berkaitan dengan pelayanan ke warga bisa diselesaikan dengan comand center,” papar Ridwan Kamil.

Karenanya, nanti, Ridwan Kamil akan memerintahkan Bagian Pemerintahan Umum (Penum) untuk mengakselerasikan teknologi ini ke 29 kecamatan lainnya. Agar semua kecamatan bisa meng ‘copy-paste’ teknologi di Cinambo, untuk diterapkan di kecamatan lain.

“Ini diperlukan, agar masyarakat bisa terlayani dengan maksimal,” tegasnya.

Setelah menang di tingkat provinsi, Cinambo akan diikutkan ke tingkat nasional.

Sementara, Camat Cinambo Rina Dewiyanti, mengatakan, pihaknya membangun comand center di tiap kelurahan. Sehingga, Camat Cinambo kalau rapat tidak usah mengumpulkan lurah.

“Kami membangun satu comand center di kecamatan, dan masing-masing 1 comand center di setiap kelurahan,” ujar Rina‎.

Rina mengatakan, setelah ada comand center, untuk rapat bersama lurah, dirinya tidak perlu lagi berkumpul di satu ruangan. Melainkan para lurah bisa tetap ada di kantor masing-masing dan dihubungkan dengan teknologi comand center.

“Jadi kalau ada rapat, lurah bisa tetap ada di kantor masing-masing,” terangnya.

Untuk comand center di kecamatan, menghabiskan biaya sebesar Rp110 juta, sedangkan untuk tingkat kecamatan, alokasi dana yang dibutuhkan sebesar Rp50 juta.
Untuk kepentingan warga, menurut Rina, di kecamatan Cinambo ada aplikasi Cinambo Smart, ‎ yang terhubung dengan comand center. Teknologi ini juga bisa digunakan, kalau warga perlu tahu ada titik-titik rawan bencana bencana.

“Kalau tengah malam warga perlu tahu informasi tentang titik rawan banjir. Atau jika ada kejadian bencana alam, bisa langsung diakses di aplikasi Cinambo Smart,” bebernya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …