Tiap Hari 36 Ton Sampah Dibuang ke Sungai

Agus Hidayat

Agus Hidayat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Masyarakat masih banyak buang sampah di sungai. Bayangkan 36 ton sampah per hari diangkut dari 6 titik sungai di Kota Bandung, diantaranya sungai Citepus, Cikapundung dan Citiis. Untuk membersihkan sampah, Bidang pengairan DBMP Kota Bandung menerjunkan ratusan tim pembersih sungai. Mereka disebar di titik-titik sungai yang rawan sampah.
Kepala Bidang Pembangaunan dan Pemeliharaan Pengairan DBMP Kota Bandung, Agus Hidayat mengatakan, permasalahan sungai menjadi tanggung jawab pengairan. Namun, masalah sampah sungai seharusnya menjadi masalah semua pihak.
“Jadi jangan saling tuding siapa yang harus bertanggung jawab dalam menangani masalah sampah sungai tersebut,” harap Agus saat ditemui koran ini di ruang kerjanya, Jalan Cianjur, Bandung, Selasa (16/8) lalu.
Agus menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan dua tim untuk membersihkan sampai di sungai, yaitu tim pasukan katak dan tim zurig cai.


“Namun tanpa adanya peran dan kesadaran masyarakat kedua tim tersebut apalah gunanya. Masalah sampah butuh sinergitas antara pemperintah dan masyarakat,” tandas Agus.
Pihaknya mendukung dan menyambut baik Kodim 0618/Kota Bandung yang turut memperhatikan dan bersinergis bersama Pemkot Bandung ikut peduli dalam penanggulangan masalah sampah di sungai-sungai di Kota Bandung. Dengan sinergitas antara Pemkot dan Kodim 0618 itni diharapkan masalah sampah sungai dapat diminimalisir.(ca/mun)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …