Duh, Perayaan HUT RI di Pemkab Bandung Sisakan Sampah Berserakan

sampah berserakan sisa karnaval perayaan HUT RI di Pemkab Bandung. (mildan)

sampah berserakan sisa karnaval perayaan HUT RI di Pemkab Bandung. (mildan)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 71 Kemerdekaan RI di komplek perkantoran Pemkab Bandung cukup meriah. Ribuan orang datang ke lokasi perayaan sejak pagi hari, banyaknya orang yang datang menyisakan sampah yang berserakan di mana-mana.


Dari pantauan, ribuan masyarakat sudah hadir semenjak upacara peringatan detik-detik proklamasi yang dipimpin oleh Bupati Bandung, Dadang M Naser. Selepas upacara, karnaval jampana digelar di komplek perkantoran, ribuan warga berdesakan untuk berebut berbagai hasil bumi yang dilempar-lemparkan dari Jampana saat karnaval. Sayangnya, warga yang berebut hasil bumi tersebut berada di atas pembatas jalan yang juga difungsikan sebagai taman.

Setelah acara karnaval selesai, tanaman baik bunga maupun tanaman hias yang baru ditanam tersebut banyak yang rusak. Tidak hanya itu, perayaan HUT RI di kompleks perkantoran
Pemkab Bandung juga menyisakan sampah yang tidak sedikit.

Salah seorang warga, Dani Ramdhani (34) mengatakan, rusaknya taman di komplek perkantoran Pemkab Bandung oleh ribuan warga tersebut dikarenakan kurangnya persiapan dari Panitia PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) pemerintah Kabupaten Bandung.

“Harusnya, sudah bisa memprediksi akan banyak orang yang datang, jadi segala kemungkinan sudah diprediksi, termasuk kerusakan yang akan ditimbulkan,” tutur Dani ketika diwawancara, Rabu (17/8).

Jika saja panitia PHBN melakukan pemagaran taman beberapa hari sebelumnya, maka taman yang memakan dana cukup besar saat pembuatannya tersebut tidak akan rusak diinjak-injak oleh warga.

“Lokasi karnavalnya juga kenapa harus di sini, coba kalau di jalan depan kantor Pemkab yang lebih luas, mungkin tidak akan merusak taman seperti ini. Sayang saja taman baru selesai dibuat, harus rusak begini,” katanya.

Kurangnya persiapan dari Panitia PHBN Pemkab Bandung juga terlihat dari tidak adanya tempat pembuangan sampah, akibatnya warga yang datang membuang sampah secara sembarangan, sehingga setelah acara selesai, sampah yang didomonasi plastik berserakan di mana-mana, puluhan petugas kebersihan harus dikerahkan untuk membersihkannya, bahkan satu buah truk sampah turut diterjunkan.

“Kalau saja pemda menyiapkan tempat sampah, mungkin tidak akan seperti ini,” tutur Syarif Hidayat (30) warga lainnya.

Paling tidak, kata dia pihak panitia menyiapkan plastik sampah di berbagai titik supaya masyarakat tidak membuang sampah seenaknya.

“Kalau saja ada tempat sampah, saya yakin masyarakat akan tidak akan membuang sampah sembarangan. Ini kan agenda tahunan, kenapa tidak belajar dari pengalaman,” ujarnya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …