Festival Pencak Silat Piala Dandim 0602/Serang

POJOKBANDUNG.com, SERANG–Kodim 0602/Serang menggelar Festival Pencak Silat Se-Kabupaten/Kota Serang untuk memperebutkan Piala Dandim 0602/Serang, sekaligus dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini dipusatkan di Indoor Makodim Jalan Serang Pandeglang Km 4,5 Tembong Cipocok Jaya Kota, Serang(15/8).


Dandim 0602/Serang Letkol Inf Oki Andriansyah Adiwirya menyatakan, kegiatan Festival Pencak Silat ini adalah untuk menyalurkan aspirasi Perguruan Silat yang tujuannya untuk mewujudkan, mempertahankan eksistensi pencak silat sebagai tradisi peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia, beladiri asli Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten/Kota Serang Provinsi Banten, dan diharapkan Festival Pencak Silat ini akan terus berkelanjutan menjadi salah satu event tahunan.

Salah satu keunggulan Pencak Silat dibandingkan olahraga lain, lanjut Oki, adalah bahwa pencak silat tidak hanya menitikberatkan pada olahraga beladiri yang berfungsi untuk mematahkan serangan lawan namun masih banyak nilai-nilai filosofi yang terkandung didalamnya berupa nilai tatakrama, ketimuran yaitu saling toleransi hormat menghormati, baik kepada orangtua, guru maupun masyarakat.

Pencak Silat tidak pula untuk dipertontonkan sebagai layaknya seorang pendekar yang dapat bertarung dalam mematahkan serangan lawan, namun sang pendekar sesungguhnya adalah orang yang mampu menahan diri dari sifat riya, uzub, dan takabur, apalagi nilai – nilai religius di dalam pencak silat sangat terasa, diharapkan sang pesilat menjadi seorang yang tunduk dan patuh pada Tuhan YME.

Dalam kegiatan pertandingan pencaksilat diikuti sebanyak 20 kontingen pencak silat dari perguruan wilayah Kab dan Kota Serang turut mewarnai kegiatan ini, karena dihadiri langsung oleh Dandim 0602/Serang Letkol Inf Oki Andriansyah Adiwirya, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Serang Deni Afriandi, Sekertaris Umum KONI Serang yang juga Ketua IPSI Prov Banten Ajat Sudrajat, para Pasi, Para Danramil jajaran kodim 0602/ Serang.

Sedangkan Dewan Juri diketuai Ade Muhayat, dengan hasil Juara 1 Kontingen Koramil 0204/Taktakan disusul Juara II dari Kontingen Koramil 0201/Serang dan terakhir Juara III dari Kontingen Koramil 0215/Baros. (Pendam III/Slw)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …