Jumlah Sampah Naik, Pengelolaan Harus Dioptimalkan

Diskusi.

Diskusi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Masa aktif tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat akan segera berakhir pada tahun 2017. Gantinya, pembuangan sampah Kota Bandung akan dialihkan ke TPA Legoknangka, Nagreg, Kabupaten Bandung.


“Sarimukti itu kan habis 2017. Terus kita pindah ke TPA Legok Nangka. Pengelolaan sampah yang optimal merupakan suatu tantangan besar, karena dihadapi hampir seluruh kota besar di Indonesia, khususnya Kota Bandung,” kata Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Gungun Saptari pada kegiatan Diskusi Solusi Sampah Kota Bandung, di Jln. L.L.R.E. Martadinata, Kota Bandung, Kamis (11/8/2016).

Ia mengatakan, peningkatan jumlah penduduk yang semakin tinggi mengakibatkan jumlah timbunan sampah yang terus meningkat. Hal itu harus diikuti pengelolaan yang optimal, sehingga masalah sampah tidak menyebabkan kerusakan lingkungan dan penurunan kualitas kesehatan masyarakat.
“Timbunan sampah masyarakat Kota Bandung saat ini diproyeksikan sebesar 1.200 ton/harinya,” kata Gungun.

Hingga saat ini TPA yang digunakan adalah TPA Sarimukti yang berlokasi di Desa Sarimukti Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat dengan luas lahan ± 25 Ha. Jarak tempuh dari Kota Bandung ke lokasi TPA ± 45 km sehingga waktu tempuh angkutan per ritasi 3-4 jam. Sampah yang masuk ke TPA Sarimukti berasal dari Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, Direktur Walhi Dadan Ramdhani mengatakan, penanganan sampah Kota Bandung harus ada upaya-upaya jangka pendek dan jangka panjang.
“Nah jangka panjang yang bisa mendukung upaya-upaya jangka pendek itu adalah kebijakan untuk menyusun kebijakan master plan pengelolaan sampah Kota Bandung untuk 20 atau 30 tahun kedepannya,” tandasnya.

Menurut dia, dalam master plant itu sudah jelas sistem penanganannya yang ada pola pembiayaan, kemitraan dan juga pendanaan serta sistem desentralisasi dalam pengelolaan sampah. (cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …