BKKBN Jabar Evaluasi Program GenRe

Logo BKKBN.

Logo BKKBN.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peranan pusat Informasi Remaja dalam Program GenRe yang dicanangkan Pemerintah sangat strategis.


Untuk itu,menyambut Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tingkat provinsi Jawa Barat, pada 22 – 23 Agustus di Lanud Sulaeman, BKKBN Jawa Barat melakukan evaluasi sejauh mana program GenRe dapat terlaksana dengan baik di Jawa Barat.

Kepala Bidang KSPK BKKBN Jabar,ir.Pintauli Romangasi Siregar.MM saat ditemui di sela sela rapat program evaluasi di Hotel Faster,jl surapati (11/8/2016) menjelaskan,salah satu strategi Pembangunan karakter remaja Indonesia adalah melalui Program Genrasi Berencana (GenRe)new inisiatif.

Dalam program ini, katanya, para remaja diharapkan mampu menyiapkan diri sebelum berkeluarga, serta dapat menempuh jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dan membangun keluarga dengan perencanaan masa depan sesuai siklus hidup termasuk kesehatan reproduksinya.

Terkait dengan itu,BKKBN Jabar akan menghadirkan 400 orang remaja yang merepresentasikan bahwa remaja di Jabar siap dan mampu berjuang untuk membawa bangsa ke arah yang lebih baik nantinya.
“Untuk itu, BKKBN mengundang segenap bkkbn di kabupaten/kota se-Jawa Barat untuk menyamakan persepsi, bahwa Harganas ini adalah untuk kepentingan masyarakat hususnya para Remaja yang tergabung PIK sekolah Maupun Pik Mahasiswam,” katanya.
“Para Duta remajanya ini sebelumnya telah memenangkan lomba duta remaja didaerahnya masing masing.adapun salah satu kriteria menjadi. Pemenang dalam lomba duta remaja ini adalah,sejauh mana sang remaja dapat menjadi contoh dalam pergaulan sebayanya serta mampu mengajak para teman-temannya lebih banyak lagi untuk ikut bergabung. Karena bila sesama mereka dapat lebih terbuka dalam membicarakan hal hal tertentu di banding kepada orang tua,” jelas Pinta.

Lebih jauh Pinta memaparkan, disamping ada PIK Remaja di sekolah juga ada PIK di kalangan mahasiswa, dan mereka memiliki banyak ide-ide yang sangat baik agar masyarakat yang tidak mengenyam bangku pendidikan tinggi juga dapat mengikuti program ini.

Sasaran Program GenRe adalah remaja/mahasiswa (10-24 tahun) dan belum menikah, keluarga dan masyarakat peduli remaja.

Diharapkan remaja dan keluarga remaja memahami dan menerapkan 8 Fungsi keluarga, serta memiliki keterampilan hidup baik fisik, mental, spiritual, kejujuran, kemampuan menghadapi kesulitan, dan pemecahan masalah. (sol)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …