Gasibu ‘Dipaksakan’ untuk Upacara

Gasibu

Gasibu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pembangunan dan renovasi Lapangan Gasibu saat ini sudah mencapai 80 persen. Meski belum tuntas seluruhnya, lokasi tersebut diharapkan bisa digelar untuk upacara Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.


Pengerjaan pun terus dikebut sehingga saat 17 Agustus nanti sudah mencapai 90 persen. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, pihaknya berharap lapangan tersebut bisa digunakan untuk upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan hari jadi Provinsi Jawa Barat pada 18 Agustus.
“Gasibu, Insha Alloh bisa (digunakan untuk upacara peringatan kemerdekaan),” kata Deddy di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (10/8/2016).
Menurutnya, saat ini proses pengerjaan di lapangan masih terus dikebut oleh pihak kontraktor.

Jika tidak ada masalah, semua proses pembangunan dapat selesai sesuai dengan yang ditargetkan.
“Targetnya bisa selesai. Kalau tidak selesai ada apa lagi?” ujarnya.

Deddy optimistis, Lapangan Gasibu sudah bisa dipakai meski belum selesai sepenuhnya saat peringatan hari kemerdekaan nanti.
“Kalau belum selesai langsung ditutup lagi. Kalau sudah langsung launching. Tapi dilihat bisa selesai,” pungkasnya.

Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jabar Bambang Riyanto mengatakan, progres pembangunan dan renovasi lapangan seluas 2.200 meter persegi ini sudah mencapai 80 persen. Pihaknya pun berharap saat 17 Agustus sudah bisa dipakai untuk upacara 17 Agustus dan hari jadi provinsi.

Dia menambahkan, berbagai kendala teknis cukup menghambat pembangunan proses renovasi Lapangan Gasibu. Mulai dari kurangnya peminat lelang dan masalah lainnya.

Dari anggaran Rp 21 miliar yang disiakan pada tahun lalu, hanya berhasil diserap Rp 16 miliar saja. Hal ini berdampak pada progres dan target pengerjaan di lapangan.
“Jadi dari target akhir tahun (2015 selesai) kemarin tender gagal, sehingga pelaksanaan renovasi Gasibu terlambat,” ucapnya.

Pada tahun ini, pihaknya kembali menganggarkan Rp 19 miliar untuk menuntaskan pembangunan dan renovasi Lapagan Gasibu.

Sejumlah fasilitas dan kelengkapan lainnya ditargetkan selesai September ini sesuai dengan kontrak kerja dengan pihak kontraktor.
“Sesuai kontrak pengerjaan Gasibu sampai akhir September (selesai). Kita kebut terus sehingga tanggal 17 Agustus (minimal) bisa selesai 90 persen dan digunakan,” katanya.

Disinggung fasilitas yang ada, menurutnya pembangunan air mancur sudah selesai. Selain itu, mushola, toilet, dan fasilitas lainnya pun sudah selesai.
“Sebagian sudah selesai. Air mancur sumbangan Bank bjb seharga Rp 7 miliar juga sudah selesai,” katanya.

Dia berharap, tampilan baru Lapangan Gasibu bisa menjadi ruang publik yang nyaman dan sarana edukasi bagi masyarakat setelah dilengkapi dengan perpustakaan digital. “Ada panggung gubernur juga. Di sana dipasang foto-foto mantan Gubernur Jawa Barat. Jadi setelah tanggal 17 Agustus, sebagian area Lapangan Gasibu sudah bisa dinikmati warga,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …