Festival Ujungberung, Kado Ultah yang ke 201

Penampilan Tari Dari Anak-anak.

Penampilan Tari Dari Anak-anak.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung bekerjasama dengan Badan Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Kota (BKPMK) Kota Bandung, menggelar Festival Ujungberung, Rabu (10/8/2016).


Festival ini ditujukan untuk memperingati hari jadi Kecamatan Ujungberung ke-201.

Festival diadakan selama dua hari yakni 10-11 Agustus 2016. Berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti Benjang Ream, Helaran Jampanan, dan Kuda Renggong ditampilkan untuk memeriahkan acara ini.

Selain itu, penampilan lain seperti Reog, Calung, Pencak Silat, Bajidoran, dan Karinding, menjadi atraksi penghibur bagi pengunjung yang datang. Di samping menikmati pertunjukan kesenian khas Sunda, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai bazar kuliner sunda untuk memanjakan lidah.

Camat Ujungberung, Taufik mengatakan, perayaan ulang tahun Ujungberung ini dibalut dengan konsep kesenian dan kuliner khas budaya sunda.
“Hari ini tanggal 10 agustus menurut sejarah tokoh-tokoh merupakan hari jadi Ujungberung. Rangkaian festival yang digelar berupa kesenian dan kuliner,” kata Taufik di Alun-alun Ujungberung, Kota Bandung, Rabu (10/8/2016).

Taufik mengatakan, acara ini merupakan bagian dari promosi budaya Sunda, dengan cara memperkenalkan kesenian budaya kepada generasi muda Jawa Barat.

Dalam pelaksanaannya, ia mengaku melibatkan berbagai kalangan masyarakat. Serta pelajar sekolah dasar hingga tingkat menengah terlibat untuk mengisi rangkaian seni dalam acara tersebut.

Ia menilai dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, budaya dan seni sunda bisa semakin dikenal dan terjaga kelestariannya.
“Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar budaya dan kesenian sunda dapat terus dipertahankan dan dilestarikan,” tuturnya. (CR1)

Loading...

loading...

Feeds

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …