Ratusan Calon Haji Kloter 3 Diberangkatkan dari Mapolda Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rombongan calon jamaah haji asal Kota Bandung yang tergabung dalam kloter 3 mulai diberangkatkan Selasa (9/8). Para calon jamaah haji, diberangkatkan dari Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.


Kepala seksi penyelenggara haji dan umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Agus Safari, mengatakan, ada total 441 calon jamaah haji yang diberangkatkan dari kloter 3. Menggunakan 11 bus dari Mapolda Jabar, para calon jemaah haji ini akan diberangkatkan terlebih dahulu ke asrama haji di Bekasi.

“Ini masuknya kloter tiga. Tapi kloter pertama yang berangkat dari Kota Bandung. Ini merupakan kloter utuh Kota Bandung,” ujar Agus kepada wartawan usai melepas calon jamaah haji.

Agus mengatakan, di Kota Bandung sendiri terdapat total 1731 calon jamaah yang menunaikan ibadah haji tahun ini. Ribuan jamaah tersebut dibagi ke dalam enam kloter yang keberangkatannya mulai dilakukan sejak kemarin.

“Besok (hari ini, red) kloter enam yang berangkat. Untuk Kota Bandung, kloter terakhirnya kloter 66 akan berangkat 2 September,” katanya.

Agus mengatakan, segala persiapan untuk melancarkan ibadah haji telah dilakukan. Termasuk, urusan administrasi dari para jamaah haji asal Kota Bandung tersebut.

“Berkat bantuan jamaah, semua proses pemeriksaan paspor bisa dilakukan dengan baik,” katanya.

Selain itu, terkait jamaah yang berusia lanjut, pihaknya pun sudah mengantisipasi terjadinya hal-hal yang buruk. Untuk jamaah haji yang sudah lansia, disiapkan pendamping selama menjalankan ibadah haji.

“Mereka yang berusia lanjut ini ada pendampingnya. Jadi kami tidak khawatir, karena setiap orang yang lansia ada pendampingnya,” katanya.

Selain itu, lanjut Agus, setiap kloter pun memiliki penanggung jawab masing-masing. Sehingga, segala keperluan dan masalah selama menjalankan ibadah haji, bisa ditanggulangi oleh para penanggung jawab kloter masing-masing.

“Di setiap kloter ada pimpinan kloter. Ada ketua, pembimbing haji, dan petugas kesehatan. Jadi segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji, sudah diatur, termasuk menyangkut masalah lempar jumrah,” katanya.

Pihaknya pun mengimbau agar para calon jamaah haji bisa mengikuti segala peraturan yang ada. Sehingga, para jamaah bisa menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan lancar.(nda)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …