Pekerja Asing Capai 70 Ribu Berdampak Buruk pada Keamanan Negara

Dede Yusuf

Dede Yusuf

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH – Kebijakan Pemerintah RI yang sangat mempermudah masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia, berdampak buruk bagi keamanan dalam negeri dan penyempitan lapangan pekerjaan bagi warga Indonesia.


Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mengatakan Pemerintah RI telah menerapkan sejumlah kebijakan yang mempermudah masuknya tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia.
Kemudahan yang diberikan Kementerian Ketenagakerjaan RI, kata Dede, di antaranya menghilangkan klausul syarat tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia minimal mengenyam pendidikan sederajat S1. Dengan demikian, tenaga kerja asing dengan latar tingkat pendidikan apapun bisa bekerja di Indonesia, asalkan berkompetensi di bidang kerjanya.

Hal ini, kata Dede, menyebabkan pekerjaan yang biasa ditempati warga Indonesia diambil pekerja asing. Pihaknya menemukan sejumlah perusahaan yang memperkerjakan tenaga asing sebagai buruh, cleaning service, pekerja bangunan, dan pekerjaan kasar lainnya.
“Akibatnya, tukang batu, buruh cangkul, tukang pikul, dan pekerja asing lulusan SD pun bisa bekerja di Indonesia. Dulu tenaga kerja asing diwajibkan bisa berbahasa Indonesia, sekarang tidak usah. Makanya ada satu pabrik di Indonesia yang 90 persen pekerjanya berasal dari Cina,” tutur Dede.

Dede mengatakan setiap tahunnya Indonesia menghasilkan dua juta pekerja baru. Sampai saat ini, katanya, terdapat 122 juta orang pekerja di Indonesia dengan usia antara 18 sampai 55 tahun. 80 juta orang di antaranya maksimal lulusan SMP. Karenanya, kedatangan pekerja asing dengan jumlah besar ini akan mempersempit lapangan pekerjaan di Indonesia.

Menurut Dede, DPR RI telah meminta pendapat dari Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Intelejen Strategis (Bais), dan Polri, mengenai kondisi tersebut. Menurut Dede, semua instansi ini menyatakan bahwa pembukaan gerbang selebar-lebarnya bagi pekerja dan wisatawan asing ini bisa sampai membahayakan keamanan negara.
“Indonesia miliki pintu masuk sebanyak 214 berupa bandara dan pelabuhan, baik yang kecil sampai besar. Yang terjaga hanya 30 persennya. Kementerian Pariwisata pun membebaskan visa bagi para turis, arrival card dihapuskan. Akibatnya, banyak pekerja yang masuk memakai visa turis juga,” katanya.

Ditjen Imigrasi, katanya, memiliki kemampuan yang terbatas untuk memantau para pendatang asing. Hal ini memperburuk kondisi ketenagakerjaan asing di negeri ini, di tengah kondisi penyaluran tenaga kerja Indonesia di luar negeri yang masih harus sangat dibenahi.
“Bukan tenaga kerja saja, tapi juga pelaku kriminal pun ikut masuk. Mereka melakukan penipuan melalui SMS dan email, seperti kasus mama minta pulsa dan pura-pura mau sumbang uang. Kemudian pemalsuan kredit card, seperti yang tertangkap baru-baru ini, kebanyakan mereka dari Cina. Belum lagi masalah narkoba dan cyber crime lainnya,” katanya.

Menurut catatan resmi dari Keimigrasian, katanya, tersapat 70 ribu pekerja asing di Indonesia. Namun berdasarkan penelusuran yang dilakukannya, dilaporkan terdapat ratusan ribu pekerja asing di Indonesia, di antaranya yang menggunakan visa kunjungan atau wisata.

Panitia kerja ini, katanya, akan mengevaluasi juga kebijakan pemerintah yang mempermudah warga negara asing membeli properti atau tanah di Indonesia. Dilaporkan, katanya, sejumlah titik di kawasan pantai NTB dan NTT dimiliki warga negara asing, terutama Australia.
“Alasannya untuk meningkatkan investasi dan pembangunan di Indonesia. Kita tinjau kembali apa benar menguntungkan secara finansial dan lainnya. Tapi ternyata mengahasilkan sejumlah dampak lain. Kami akan mendesak pemerintahbuntuk memperketat pengawasannya karena berdasarkan informasi, kondisi ini sangat membahayakan,” katanya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …