Pasca Penutupan TPA Babakan Ini yang Dilakukan Pemkab Bandung

Penanganan sampah di Kab Bandung.

Penanganan sampah di Kab Bandung.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Pasca penutupan TPA Babakan, pemerintah Kabupaten Bandung terus berupaya menyelesaikan masalah sampah.


Kepala Dinas Perumahan penataan ruang dan Kebersihan Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah sampah adalah peningkatan angkutan ke TPA Sarimukti.

“Pasca TPA Babakan ditutup, kerjasama dengan TPA Sarimukti telah dilakukan, alhamdulillah volume sampah yang diangkut ke sana lebih banyak,”tutur Erwin, Kamis (4/8).

Dia mengungkapkan, dalam satu tahun terakhir, setiap hari hanya 60 truk sampah dibuang ke TPA Babakan, dimana setiap truk hanya bisa mengangkut lima kubik sampah.

“Rata-rata satu kubik sampah mempunyai berat 0,6 ton. Jadi sekitat 180 ton sampah yang dibuang ke TPA Babakan,”ujarnya.

Sementara, sampah yang dihasilkan jauh lebih besar, sehingga lama-kelamaan sampah menjadi menumpuk.

Dalam satu bulan terakhir, atau setelah TPA Babakan ditutup dan kerjasama dengan TPA Sarimukti berjalan, pembuangan sampah jauh lebih efektif.

Dipaparkan Erwin, setiap hari 43 truk sampah beroperasi membuang ke TPA Sarimukti. Namun, berbeda dengan ke TPA Babakan, pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti bisa dilakukan selama 24 jam dan 7 hari dalam satu pekan.

“Satu truk bisa melakukan pengangkutan dua kali, kalau ke Babakan ka hanya satu kali walaupun 60 truk,”ujarnya.

Disamping itu, pembuangan ke TPA sarimukti juga dibantu dengan menggunakan tiga truk kontainer, dimana satu kontainer setara dengan enam truk biasa.

“Setiap hari sekitar 190 ton sampah bisa diangkut ke Sarimukti,”katanya.

Saat ini, pemerintah Kabupaten Bandung juga sedang berusaha meningkatkan volume angkutan menjadi 300 ton perhari.

“Kami memang sempat ada penyesuaian rute dan armada saat perpindahan ke Sarimukti, jadi untuk masig terus berusaha membereskan sampah yang berceceran,”imbuhnya.

Untuk bisa melakukan pelayanan secara optimal, sampah dari perumahan dan jalan protokol disimpan dulu di depo transfer Citaliktik. Setelah itu, diangkut ke TPA Sarimukti.

Kedepan, untuk lebih efisien, depo transfer akan diperbanyak seperti di cileunyi, Soreang, Baleendah dan Margahayu.

Erwin mengatakan penambahan armada pengangkut juga sedang dilakukan. mengajukan penambahan jumlah armada pengangkut sampah, di antaranya tronton pada APBD Perubahan 2016 Kabupaten Bandung.

Menurut Erwin, pihaknya pun mengajukan pengadaan 70 insinerator berkapasitas pengolahan 1,5 ton sampah per hari. Alat ini untuk ditempatkan di sejumlah permukiman atau pasar sehingga masyarakat bisa mengolah sampahnya sendiri melalui unit pengoperasiannya.

Program-program pengelolaan sampah ini, kata Erwin, untuk menunjang program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni Citarum Bestari. Penanganan sampah dengan baik, katanya, dapat mencegah warga membuang sampahnya ke Sungai Citarum. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Perempuan Keluar Zona Nyaman

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Perempuan di Kabupaten Bandung Barat harus memiliki integritas, tangguh dan mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pasalnya, kesan …

Harus Aktifkan Koperasi di Sumedang

 POJOKBANDUNG.com, KOTA – Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2021-2025 diharapkan mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi …

Belum Bisa Layani Semua Kecamatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran kota Cimahi mengaku masih kewalahan untuk dapat melayani …

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …