Anak Buahnya Tersandung Narkoba, Bupati Abubakar Komentar Begini

Bupati Bandung Barat Abubakar. (habibi)

Bupati Bandung Barat Abubakar. (habibi)

POJOKBANDUNG.com, KBB–Meski tidak secara gamblang, Bupati Bandung Barat Abubakar mengakui salah satu pegawai negeri sipil (PNS) berinisial TN yang merupakan pejabat di Pemkab Bandung Barat ditahan Polda Jabar karena tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Saat ini TN menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) KBB.


Bupati Bandung Barat, Abubakar menyatakan, sudah mendengar informasi bahwa bawahannya berinisial TN ditahan Dirnarkoba Polda Jabar karena memiliki narkotika jenis sabu.

“Tadi malam saya mendapat laporan dari Kesbang Pol yang ditugaskan mengkonfirmasikan ke Polda Jabar. Memang TN itu PNS di Pemkab Bandung Barat yang sekarang ditahan di Polda Jabar karena diduga tersandung narkoba,” kata Abubakar kepada sejumlah wartawan di Kantor Pemda Bandung Barat, Selasa (2/8/2016).

Pihaknya menganggap ditangkapnya TN yang diduga memiliki jabatan Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Kab. Bandung Barat ini merupakan musibah yang harus dihadapi dengan kepala tegak. Bupati sudah menugaskan Kepala Kantor Kesbang untuk mencari kebenaran informasi tersebut.

“Berdasarkan laporan Kesbang tadi malam, TN memang benar sedang ditahan di Polda Jabar. Polisi sedang didalami kasusnya,” ungkapnya.

Meski tersiar infromasi bahwa TN adalah Tono Nurpomo, namun bupati tidak mau menyebutkan secara gamblang nama tersebut yang dimaksud. Hanya keluarga tersangka sudah menghubungi langsung bupati untuk meminta bantuannya.

“Kami belum menerima laporan resmi baik lisan maupun tulisan dari Polda Jabar bahwa yang ditahan ini Tono Nurpomo. Hanya tadi malam istri tersangka ini sudah menelepon saya, meminta bantuan,” tuturnya.

Atas ditangkapnya TN ini, bupati selaku pembina Apatur Sipil Negara (ASN) menyatakan bahwa kejadian ini di luar dugaannya. Dia dan wakil bupati tidak pernah punya pikiran bakal ada bawahan yang tersangkut kasus narkoba. Padahal dalam setiap kesempatan dirinya selalu ingatkan tentang bahaya narkoba.

“Dari awal saya tidak menyangka akan terjebak kasus ini, semoga ini jadi bahan introspeksi bagi kita dan di hari mendatang tidak ada lagi kasus yang mencoreng nama baik pemerintahan. Saya bersama pa wakil akan berkonsolidasi dan pembinaan kepada pegawai, “jelasnya.

Meski TN sudah ditetapkan tersangka, akan tetapi bupati tidak akan mencopotnya dari jabatan Kepala BKD. Dirinya hanya akan menunggu proses hukum yang dijalankan penyidik Polda Jabar.

“Kalau kaitan sanksi pasti ada tapi kami tidak bisa mengambil tindakan sendiri. Nanti Sekda akan berkoordinasi sama penyidik, kalau perlu kita copot dulu jabatannya agar tidak menganggu proses pemerintahan dan penyidikan polisi, “lanjutnya.

Sebelumnya, seorang PNS Pemkab Bandung Barat, berinisial TN diciduk anggota dari Polda Jawa Barat karena terlibat kasus narkoba jenis sabu. TN ditangkap bersama empat tersangka lainnya diawali dengan kecurigaan adanya transaksi narkoba di salah satu jalan di Kota Bandung.

“Kita mengamankan lima tersangka kasus narkoba, salah satunya berstatus PNS, “kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, kemarin.

Lima tersangka selain TN, polisi mengamankan J dan C sebagai pembeli, U sebagai kurir, serta M sebagai bandar. Dari hasil pengungkapan, tersangka J dan C yang sebelumnya telah ditangkap mengaku diperintah seseorang untuk membeli sabu seberat 0,7 gram.

Untuk memastikan informasi tersebut, lanjut dia, pihak kepolisian langsung mendatangi salah satu hotel di Jalan Cibogo, Desa Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung pada Jumat (22/7) lalu.

“Di lokasi, kami mengamankan pria berinisial TN yang memerintah kepada J dan C untuk membeli sabu. TN yang kami tangkap ini merupakan seorang PNS di Pemkab Bandung Barat, “ungkapnya.

Dari hasil penyidikan, pihaknya menyita barang bukti berupa satu paket sabu di dalam plastik bening seberat 0,7 gram. Tersangka dijerat Pasal 112, 113, dan 132 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara di atas lima tahun. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …