Teknik Penulisan Skenario Film Diworkshopkan

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Disparbud Jabar menggelar Workshop Teknik Penulisan Skenario Film di Zest Hotel Jl. Pajajaran No. 27 Kota Bogor 25-27 Juli 2016.


Dalam sambutannya, Kadisparbud Jabar Hj. Ida Hernida, mengatakan, film sebagai karya seni sering diartikan hasil cipta karya seni yang memiliki kelengkapan dari beberapa unsur seni untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya spiritual.

Dalam hal ini unsur seni yang terdapat dan menunjang sebuah karya fim adalah : seni rupa, seni fotografi, seni arsitektur, seni tari, seni puisi sastra, seni teater, seni musik. Kemudian ditambah lagi dengan seni pantomin dan novel.

Kesemuannya merupakan pemahaman dari sebuah karya film yang terpadu dan biasa kita lihat.

“Film sendiri pertama kali diciptakan pada tahun 1805 oleh Lumiere Brothers. Kemudian pada tahun 1899 George Melies mulai menampilkan film dengan gaya editing yang berjudul Trip To The Moon. Pada tahun 1902, Edwin Peter membuat film yang berjudul Life Of In American Fireman,” katanya.

“Di Indonesia, bioskop pertama kali muncul di Batavia (Jakarta), tepatnya di Tanah Abang Kebonjae, pada 5 Desember 1900. Namun, kehadiran bioskop ini tidak dapat dikatakan sebagai tonggak awal sejarah film Indonesia. Alasannya, film-filmnya saat itu masih impor dari luar negeri. Film cerita pertama yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di Bandung, baru ada pada tahun 1926. Film ini berjudul Loetoeng Kasaroeng. Film ini bisa dikatakan sebagai acuan tonggak sejarah perfilman Indonesia. Kesuksesan produksi film tersebut tidak terlepas dari keterlibatan bupati Bandung Wiranatakusumah V di dalamnya,” sambungnya.

Menurutnya, dari ulasan tadi betapa bangganya kita hidup di tataran sunda ini karena awal dari pembuatan film indonesia adanya di bandung, dengan adanya era modern sekarang ini perfilman di bandung sudah mulai memudar, kalah dengan jakarta,oleh karena itu kita sebenarnya mengemban amanah dari pendahulu kita untuk mengembangkan perfilman yang ada di tataran sunda ini.

“Oleh karena itulah, Pemprov Jabar melalui Disparbud Jabar saat ini senantiasa menyelenggarakan beberapa program kegiatan yang berkaitan dengan revitalisasi, aktivasi serta pewarisan perfilman yang pernah berjaya di tanah sunda ini. “Sehingga diharapkan dari program ini tentang penulisan skenario film bisa meningkat, yang pada gilrannya dapat memperkokoh ketahanan budaya serta meningkatkan ekonomi para pelaku dan masyarakat sekitarnya,” tuturnya.

“Kegiatan workshop penulisan skenario film yang saat ini diselenggarakan, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan kreativitas dan inovasi para komunitas film sehingga dapat menampilkan karya film budaya yang selalu dibanggakan masyarakatnya sekaligus sebagai pewarisan budaya,” sambungnya.

Menurutnya, akhirnya, dengan terlebih dahulu memohon ridho Allah SWT, dan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Kegiatan Workshop Penulisan Skenario Film , dengan ini saya nyatakan dengan resmi dibuka.

Sementara Ketua Panitia acara sekaligus Kepala Balai Pengembangan Kemitraan, SDM Kepariwisataan Dan Kebudayaan, Rusyandi, menambahkan, kegiatan Peningkatan Kemampuan menulis skenario film ini dimaksudkan sebagai upaya untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi insan di bidang film.

“Sedangkan tujuannya yakni meningkatan pengetahuan dan pemahaman teoritik serta praktek bagi peserta tentang Teknik Penulisan Skenario Film dan mengefektifkan peran Insan perfilman di jawa barat sebagai salah satu potensi dalam melestarika perflman di tataran Sunda khususnya , sekaligus sebagai sentral pewarisan budaya Sunda,” pungkasnya. (sol/ymi)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …