Cabor Prioritas Emas Jadi Sorotan

Atlet drum band sedang unjuk kebolehan sesaat pelepasan try out ke Malaysia. Kegiatan dilakukan di GOR Tri Lomba Juang Jalan Padjajaran Kota Bandung. (asep rahmat)

Atlet drum band sedang unjuk kebolehan sesaat pelepasan try out ke Malaysia. Kegiatan dilakukan di GOR Tri Lomba Juang Jalan Padjajaran Kota Bandung. (asep rahmat)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sudah 20 cabor dari 44 cabor Pelatda PON Jabar diberangkatkan try out dan Training Camp (TC) ke luar negeri. Kali ini giliran cabor drum band yang diikutsertakan ke Kejuaraan World Champion Ship Marching Show Band di Malaysia, pada 2-7 Agustus 2016 sekaligus latihan menjelang PON XIX.

Sekertaris Umum KONI Jabar, MQ Iswara menjelaskan, cabor drumband memiliki kontribusi besar pada pemenuhan kuota medali emas yang ditargetkan KONI Jabar, artinya salah satu yang diprioritaskan. Maka dirinya merasa perlu mengasah kemampuan atlet dengan mengikutsertakan dalam satu kejuaraan dunia.

“Kami targetkan 5 medali emas harus diraih saat PON dan untuk menggapai itu kami fasilitasi segala kebutuhan atlet,” ucapnya kepada wartawan usai pelepasan atlet try out ke Malaysia di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Padjajaran Kota Bandung, Minggu (31/7).

Iswara mengatakan, cabor drumband terbilang jenis olahraga baru yang dipertandingkan di PON Jabar selain itu, sambung dia, cabor tersebut merupakan olahraga tidak terukur yang berbeda dengan cabor beladiri sehingga dirinya merasa perlu mengantisipasi semua kemungkinan. Sebab, ia khawatir adannya subjektifitas penilaian ketika digelarnya PON XIX.

“Saat PON nanti kami akan kawal semuanya mulai dari tempat latihan, teknikal metting, dewan hakim, wasit, juri, dan sebagainya,” tegas Iswara.

Iswara mengaku, adapun beberapa cabor cabor yang belum try out ke luar negeri tentunya masih dalam tahap peng-klasteran untuk mencari lawan yang sepadan.

“Kami nilai apakah cabor tersebut perlu berangkat keluar negeri atau cukup try in, bila memang masih ada lawan kuat di lokal buat apa pergi ke luar,” tuturnya.

Dipihak lain, Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Jabar, Gatot Susanta menerangkan, keberangkatan atlet binaanya di Kejuaraan World Champion Ship Marching Show Band Malaysia merupan moment tepat untuk melihat perkembangan para atlet sekaligus menjajal kemampuan.

“Di sana atlet Pelatda Jabar akan bertanding dengan Negara-Negara Asia semisal Jepang, Austria , Taiwan, China, Singapura dan pasti levelnya sudah mendunia,” terangnya.

Gatot menambahkan, bila dibandingkan dengan cabor lain yang menjalani try out sampai sekian lamanya di luar negeri. Pihaknya, merasa waktu lima hari di Malaysia merupakan waktu yang cukup efisien.

“Sudah tiga bulan kami latihan dan ini kesempatan besar mencoba satu pertandingan di luar negeri. Kalah menang nantinya bukam tujuan melainkan evaluasi agar bisa menjadi juara di PON XIX/ 2016,” tandasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds