Wuiih… Jalan Kompleks Perkantoran KBB Bakal Mulus

proyek Pemkab Bandung Barat. (habibi)

proyek Pemkab Bandung Barat. (habibi)

 


POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH–Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan pembangunan jalan di area kompleks perkantoran Pemkab Bandung Barat dapat selesai pada November 2016. Hal ini mengacu pada kontrak kerja bersama pemenang tender yakni PT Promix.

Menurut Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Bandung Barat, Anugrah, pembangunan infrastruktur di area Perkantoran Pemkab Bandung Barat sudah mulai dikerjakan.

“Saat ini sudah dimulai pembangunan jalan sekaligus drainasenya. Tahap awal jalan yang dibangun itu di bagian tengah. Jalan ini akan dibeton dan hotmix,” kata Anugrah kepada wartawan di Ngamprah, Jumat (29/7).

Anugrah memastikan, pembangunan jalan ini tetap dikerjakan oleh PT Promix kendati sebelumnya mendapat penolakan dari pejabat pembuat komitmen (PPK). “Memang sebelumnya ada penolakan dari PPK. Namun, setelah kami periksa bersama pokja lelang, pemenang tender (PT Promix,Red) dinyatakan lolos karena sudah memenuhi persyaratannya,” ungkapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, anggaran untuk pembangunan jalan dan drainase ini sebesar Rp16,8 miliar. Sementara, untuk pembangunan plaza dianggarkan sebesar Rp1,2 miliar. “Totalnya Rp18 miliar untuk pengerjaan plaza dan jalan. Itu juga dilakukan oleh PT yang berbeda, jadi bukan dilakukan oleh satu PT saja,” ungkapnya.

Ke depan, lanjut Anugrah, selain pembangunan jalan, akan dibangun juga foodcourt, pembangunan masjid dan garasi. Hanya saja, pembangunannya diserahkan kepada dinas terkait seperti untuk garasi penanggungjawabnya oleh bagian umum, sementara untuk foodcourt oleh Diskoperindag. “Tentu pembangunan ini dilakukan secara bertahap. Dan di tahun depan juga akan dianggarkan untuk penataan kompleks perkantoran ini,” paparnya.

Ia berharap, seluruh penataan ini akan bisa rampung sebelum masa jabatan bupati selesai atau bisa rampung di awal tahun 2018 mendatang. Sebab, kata dia, penataan lainnya seperti ruang terbuka hijau (RTH) atau hutan kota juga akan ditata di area perkantoran ini. “Kalau ditotal memang anggaran untuk penataan kompleks perkantoran ini bisa menghabiskan anggaran hingga Rp70 miliar,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Percepatan Penataan Wilayah Ngamprah Maman Sulaiman mengungkapkan, percepatan pembangunan di pusat pemerintah ini untuk memberikan sarana prasarana dan kondisi di lingkungan Kantor Pemkab Bandung Barat saat dikunjungi masyarakat.

Selain infrastruktur di area kantor pemkab, lanjut dia, pada tahun ini akan mulai dilaksanakan penyusunan Detail Engineering Design (DED) Gedung DPRD Kabupaten Bandung Barat. Pemkab juga sudah mengalokasikan anggaran pengadaan tanah untuk gedung wakil rakyat tersebut yang nilainya mencapai Rp 10 miliar.

“Hitungan kita anggaran untuk pengadaan tanahnya masih kurang sehingga tambahannya akan kita alokasikan kembali dianggaran perubahan,” tambahnya.

Disamping melaksanakan kegiatan pembangunan fisik, untuk menghijaukan kompleks perkantoran selama musim penghujan ini telah ditanam sebanyak 1.000 pohon pelindung. Sebagai pengganti 127 pohon yang mati kekeringan juga memperbanyak tanaman keras di lingkungan perkantoran.

Percepatan pembangunan Konpleks Ngamprah mengacu pada Keputusan Bupati Bandung Barat nomor 188.45/Kepak. 128-Pembangunan/2015 tertanggal 24 Maret 2015 tentang Percepatan Penataaan Pusat Pemerintahan Wilayah Ngamprah. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …