Lestarikan Bangunan Tua Cimahi, Dinas Ini Gelar Pameran Lukisan

salah satu karya lukis yang dipamerkan. (bahi)

salah satu karya lukis yang dipamerkan. (bahi)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Puluhan lukisan dan foto dipajang dalam pameran bertajuk “Save Our Cultural Heritage” di gedung The Historich, Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Jumat (29/7).


Acara yang diselenggarakan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi itu bertujuan untuk menginformasikan potensi pariwisata sejarah dengan bangunan tuanya.

Pameran lukisan gedung tua. (bahi)

Pameran lukisan gedung tua. (bahi)

Dalam pameran tersebut, foto yang dipamerkan tidak terlepas dari sejarah perkembangan kota Cimahi dari masa ke masa. Pun demikian dengan beragam karya lukis yang dipajang, tidak terlepas dari filosofi dan rangkuman sejarah tentang kota Cimahi, meski umlahnya tidak sebanyak karya fotografi.

“Beragam bangunan tua yang berdiri di tanah Cimahi merupakan potensi yang bisa dikembangkan di sektor pariwisata. Untuk menginformasikan hal tersebut, salah satunya dengan cara (pameran) seperti ini,” ujar Kepala Diskopindagtan Kota Cimahi, Adet Candra saat ditemui usai membuka acara.

Meski dengan keterbatasan anggaran, pihaknya berjanji akan terus mendorong pariwisata sejarah menjadi salah satu ikon Kota Cimahi.

“PR kita masih banyak. Mudah-mudahan dengan segala keterbatasan yang ada, kerjasama dan koordinasi dengan komunitas yang berkaitan dg budaya dan pariwisata bisa lebih baik lagi,” terangnya.

Selain berkaitan dengan sejarah, untuk mewujudkan ikon pariwisata sejarah, Diskopindagtan mengaku akan terus merangkul budayawan dan komunitas.

Secara terpisah, salah seorang pelukis yang tergabung dalam komunitas Forum Pelukis Cimahi (Forkis), Bahar Malaka mengatakan sudah saatnya pemerintah menaruh perhatian terhadap pengembangan potensi wisata sejarah di Kota Cimahi.

“Berbagai literatur tentang Kota Cimahi dan bangunan yang ada sangat harus dimanfaatkan,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi pihak pemerintah melibatkan seniman, budayawan, dan komunitas dalam acara pameran tersebut.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal kerjasama yang baik antara seniman, budayawan, dan komuniras dengan pemerintah Kota,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut ditampilkan pula atraksi dari lima pelukis yang melukis dalam satu kanvas selama 5 menit. Lima orang pelukis yang terdiri dari Hamdani, Agus Hamdani, Muhammad Nur, Bambang Sumantri dan Bahar Malaka membuat lukisan bertema suasana jembatan.(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …