Dishub Kota Bandung Gelar Uji Emisi, Begini Hasilnya

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Dinas Perhubungan menggelar uji emisi di Kompleks Perkantoran Balai Kota Bandung selama dua hari. Masyarakat yang memiliki mobill merk Toyota bisa ikut uji emisi gratis.


“Jadi yang ikut diuji emisi, bukan hanya mobil dinas saja, tapi masyarakat dari luar juga boleh, asal merk mobilnya Toyota,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Sarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Nandang Rohendi, kepada wartawan, Rabu (27/7).

Nandang mengatakan, uji emisi digelar selama dua hari (27/7-28/7) di Balai Kota, sebagai sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya uji emisi.

“Hari pertama ini, kami mendapati satu mobil plat merah tidak lolos uji emisi, sisanya semua lolos,” ungkap Nandang.

Sebenarnya, dibanding tahun-tahun sebelumnya, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya uji emisi terhitung meningkat.

“Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, kami sudah bekerja sama dengan 54 bengkel besar di Kota Bandung, sebagai bengkel resmi uji emisi, salah satunya adalah di outlet Auto 2000, ‎” paparnya.

Meski tidak gratis, tapi menurutnya ada saja masyarakat yang menguji buangan emisinya, untuk mengetahui baik atau tidak.

Uji emisi baru dibilang lolos jika, untuk mobil yang diproduksi di bawah tahun 2000 kandungan CO 14,5 persen, dan kandungan HC 1200 ppm. Sedangkan untuk mobil keluaran tahun 2000 ke atas kandungan CO 1,5 persen, dan kandungan HC-nya 200 ppm.

“Kalau uji emisinya dilakukan oleh Dishub, kami jamin gratis. Tapi kalau dilakukan bengkel swasta, tentu berbayar. Bergantung fasilitas masing-masing bengkel,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds